BBVA Membuka Era Baru Perbankan dengan Ruang Pertemuan di Metaverse

author:

BBVA Membuka Era Baru Perbankan dengan Ruang Pertemuan di Metaverse

Dalam langkah yang menunjukkan visi masa depan perbankan, BBVA (Banco Bilbao Vizcaya Argentaria), salah satu bank terbesar di Spanyol, telah berkolaborasi dengan Legendaryum Metaverse untuk mengeksplorasi bagaimana lingkungan digital yang mendalam dapat mengubah dinamika hubungan internal dan dengan klien mereka.

Dengan menggabungkan teknologi Web3 dan potensi metaverse, BBVA membuka peluang baru dalam interaksi digital dan layanan perbankan.

Ruang Pertemuan Imersif: Menggabungkan Realitas dan Virtual

metaverse bbva
Sumber: BBVA

Sebagai bagian dari eksperimen awal, BBVA telah meluncurkan ruang pertemuan imersif di Legendaryum Metaverse. Ruang ini menampilkan desain hiper-realistik, ditujukan untuk pertemuan sosial, hub komersial, serta ruang pelatihan dan rekreasi.

Baca juga: Revolusi Mode Digital: Copenhagen Fashion Week Kini Menggemparkan Metaverse!

Legendaryum bahkan telah menciptakan replika virtual dari La Vela, markas besar BBVA di Madrid, memberikan pengalaman yang mendekati realitas bagi tim Digital Assets BBVA saat mengakses ruang di metaverse.

Iván Moreno, dari Divisi Strategi dan Aset Digital BBVA, menekankan pentingnya menguji teknologi ini secara langsung untuk memahami potensi dan keterbatasannya, serta bagaimana cara meningkatkan keamanan dan perlindungan pengguna.

Visi dan Strategi BBVA di Metaverse

BBVA dan Legendaryum Metaverse memiliki visi yang sejalan untuk membangun masa depan teknologi yang hebat, di mana metaverse bukan hanya alat pemasaran, tetapi alat utilitas penting yang mengubah kehidupan sehari-hari.

Selain eksplorasi teknologi, BBVA juga berupaya memahami bagaimana persepsi dan cara berinteraksi orang berubah di lingkungan ini. Moreno mengamati bahwa pengguna telah berinteraksi secara digital selama ini melalui layar, tombol, dan daftar drop-down.

Dengan melihat bagaimana cara kerja berubah di metaverse, BBVA dapat merancang produk dan layanan yang mempertimbangkan persepsi baru ini.

Baca juga: Elvis Presley ‘Hidup’ Lagi di Metaverse Sandbox: Apa yang Harus Kamu Tahu?

Langkah BBVA Menuju Integrasi Metaverse

Kemitraan dengan Legendaryum adalah bagian dari strategi BBVA untuk mengeksplorasi teknologi baru yang dapat menyediakan model bisnis perbankan baru. Salah satu faktor pembeda dari Metaverse ini adalah desain hiper-realistik dan integrasi multi-perangkat yang memungkinkan interaksi lintas perangkat.

Pada Maret 2023, selama Meta World Congress di Madrid, BBVA memamerkan dua koleksi NFT di metaverse Legendaryum dan Alvearium. Selain itu, pada edisi ke-10 South Summit, bank memperkenalkan BBVA Virtual Space.

Ruang virtual ini menjadi fokus selama BBVA Hackathon dan menjadi titik pertemuan bagi karyawan selama Natal 2022, memungkinkan mereka berinteraksi dan berpartisipasi dalam berbagai aktivitas kolektif.

Dengan memasuki Metaverse, BBVA menunjukkan visi masa depan perbankan yang menggabungkan teknologi terbaru dengan interaksi manusia yang mendalam. Inisiatif ini menandai langkah besar menuju era perbankan yang lebih terintegrasi, imersif, dan berorientasi pada pengalaman pengguna.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: