Kemajuan Keuangan: Basel dan Zurich Pionir dalam Penerbitan Obligasi Digital dengan CBDC!

Kemajuan Keuangan: Basel dan Zurich Pionir dalam Penerbitan Obligasi Digital dengan CBDC!

Dua kota utama di Swiss, Basel dan Zurich, telah mencatatkan prestasi signifikan dalam sektor keuangan dengan berhasil melaksanakan transaksi obligasi digital menggunakan mata uang digital bank sentral (Central Bank Digital Currency atau CBDC) dalam bentuk grosir. Peristiwa ini menandai kemajuan penting dalam integrasi teknologi blockchain ke dalam sistem keuangan yang lebih konvensional. Kita akan menggali lebih dalam tentang bagaimana kedua kota ini menjadi pelopor dalam revolusi digital keuangan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Proyek Helvetia: Langkah Menuju Masa Depan Keuangan yang Inovatif

Sebagai pelopor dalam penggunaan CBDC grosir yang diterbitkan oleh Bank Nasional Swiss (SNB), Basel dan Zurich telah menyelesaikan penjualan obligasi yang ditokenisasi. Kegiatan ini adalah bagian dari tahap ketiga Proyek Helvetia, yang diresmikan pada bulan November yang lalu dan dijadwalkan akan berlangsung sampai pertengahan 2024.

Basler Kantonalbank berperan sebagai agen penerbit untuk obligasi digital Basel dengan nilai CHF105 juta ($120,14 juta), sedangkan Zürcher Kantonalbank bertindak sebagai agen untuk obligasi yang ditokenisasi Zurich dengan nilai CHF100 juta ($113 juta).

Inisiatif ini bukan hanya menandai penggunaan CBDC grosir pertama oleh otoritas perbankan Swiss dalam skenario nyata, tetapi juga menunjukkan sinergi yang kuat antara para pemain di pusat keuangan Swiss. David Newns, kepala SIX Digital Exchange, menyatakan bahwa proyek CBDC grosir ini merupakan yang paling ambisius dalam sejarah pasar modal dan menjadi tonggak penting dalam adopsi infrastruktur pasar keuangan yang ditokenisasi berbasis DLT.

Baca Juga: CBDC Amerika: Siapkah Kamu Untuk Mata Uang Digital Baru dalam 3-5 Tahun Mendatang?

SDX dan Perannya dalam Proses Tokenisasi Aset Keuangan

sdx dan perannya
Sumber: SDX Website

SIX Digital Exchange (SDX) telah memainkan peran penting dalam pencapaian ini dengan menyediakan platform untuk pendaftaran dan perdagangan obligasi digital. SDX, yang telah mendapatkan izin operasional dari Otoritas Pengawas Pasar Keuangan Swiss (FINMA) sebagai deposito sekuritas pusat (Central Securities Depository atau CSD) dan bursa saham, terus memimpin dalam tokenisasi aset keuangan di Swiss.

Dengan izin dari FINMA untuk mengeluarkan, memperdagangkan, menyelesaikan, dan menyimpan aset digital bagi kliennya, SDX berkomitmen untuk memanfaatkan keahliannya dalam obligasi digital. Hal ini menunjukkan potensi yang luar biasa dari teknologi blockchain dalam memodernisasi infrastruktur pasar keuangan dan memberikan akses yang lebih luas kepada investor.

Baca Juga: Regulator China Berpendapat bahwa Fitur CBDC dapat Meningkatkan Kebijakan Moneter!

CBDC dan Masa Depan Keuangan Digital

Ketertarikan yang berkembang terhadap obligasi digital dan CBDC oleh regulator keuangan dan pemangku kepentingan menandakan pentingnya pengembangan CBDC dengan kemampuan tokenisasi. Denis Beau, Wakil Gubernur Banque de France, menekankan bahwa bank sentral di seluruh dunia harus mengembangkan CBDC mereka untuk menghindari “cryptoization” dari sistem keuangan. Jika tidak, sektor ini mungkin akan beralih ke alternatif aset penyelesaian seperti stablecoin.

Bank sentral dari berbagai negara termasuk Inggris, Uni Emirat Arab, dan Brasil juga mendukung penelitian tokenisasi dengan CBDC. Untuk memahami lebih lanjut tentang CBDC dan pertimbangan desain yang diperlukan dalam pembuatan dan peluncurannya, Anda dapat membaca playbook CBDC dari nChain dan menonton video tentang pengembangan sistem CBDC berbasis Bitcoin di CoinGeek.

Inisiatif yang diambil oleh Basel dan Zurich ini membuka lembaran baru bagi masa depan keuangan yang lebih digital dan efisien. Dengan penerapan CBDC grosir dan obligasi digital, kita mungkin akan menyaksikan perubahan besar dalam cara kita melakukan transaksi dan investasi. Inovasi ini tidak hanya mencerminkan kemajuan teknologi, tetapi juga dedikasi Swiss dalam memimpin revolusi keuangan digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: