Sentuh 1 Juta Transaksi, Base Network Pecahkan Rekor! Apa yang Membuatnya Spesial?

author:

Sentuh 1 Juta Transaksi, Base Network Pecahkan Rekor! Apa yang Membuatnya Spesial?

Dalam dunia crypto yang penuh dinamika, Base Network, jaringan Layer-2 milik Coinbase, berhasil mencuri perhatian dengan mencatatkan rekor transaksi harian yang mencapai angka fantastis. Pada 14 September 2023, jaringan ini mencatatkan 1,88 juta transaksi, sebuah pencapaian yang mengesankan bagi jaringan yang baru berusia kurang dari dua bulan.

Kenaikan Pesat Base Network

transaksi base network coinbase
Sumber: BaseScan

Pada 14 September, blockchain layer-2 Base Network mencapai 1,88 juta transaksi, melampaui rekor sebelumnya yaitu 1,41 juta transaksi pada 21 Agustus 2023, bulan ketika jaringan ini diluncurkan, menurut data dari penjelajah blockchain BaseScan.

Base Network telah menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa sejak diluncurkan kurang dari dua bulan yang lalu. Kesuksesan ini sebagian besar berkat pengaruh besar Coinbase dan antusiasme yang meningkat untuk aplikasi desentralisasi (dApps) seperti Friend.Tech.

Baca juga: Base Menyambut Integrasi Compound dan SushiSwap yang akan Datang

Meskipun angka pada 14 September 2023 mencetak rekor, metrik lainnya juga menunjukkan kesehatan jaringan yang kuat. Rata-rata, jaringan ini memiliki 888.000 alamat aktif harian, yang merupakan 60% dari semua alamat yang menggunakan Optimism roll-up.

Sesuai dengan aktivitas jaringan yang meningkat, total nilai yang terkunci di dalam jaringan juga meningkat. Saat ini, total tersebut berada di angka $386 juta, menempatkan Base di peringkat keempat dalam daftar protokol Layer-2 terkemuka berdasarkan TVL.

Apa yang Mendorong Aktivitas Base?

Sejak diluncurkan, berbagai protokol desentralisasi telah menemukan rumah di Base, didukung oleh banyak dApps profil tinggi. Namun, aplikasi sosial unggulan Friend.Tech adalah mesin utama yang mendorong aktivitasnya.

Friend.Tech adalah aplikasi inovatif yang memungkinkan pengguna menghubungkan akun Twitter mereka dengan profil FT mereka, membuka jalan bagi monetisasi media sosial. Melalui platform ini, pengguna dapat membuat kunci unik untuk dibeli atau dijual.

Sejak awal, Friend.Tech telah menarik lebih dari 100.000 pengguna, dengan aliran dana yang melebihi $200 juta, dan menghasilkan biaya lebih dari $10 juta.

Baca juga: Kebangkitan Friend.tech: Dari Diklaim “Mati” Menjadi Fenomena Media Sosial Desentralisasi!

Komparasi dengan Jaringan Lain

Meskipun Base Network mencapai pencapaian besar, jaringan ini masih tertinggal dibandingkan dengan blockchain terkemuka lainnya seperti Polygon dan BNB Smart Chain (BSC). Pada tanggal yang sama, Polygon mencatatkan 2,1 juta transaksi, sementara BSC mencatatkan 3,1 juta transaksi.

Base Network resmi diluncurkan pada 9 Agustus 2023, memungkinkan pengguna untuk menjembatani token, menukar token, dan melakukan banyak aktivitas lain yang dapat dilakukan di jaringan Layer-2.

Sejak diluncurkan, jaringan ini telah menerima sambutan hangat dari komunitas kripto. Pada 6 September, lebih dari 700.000 NFT dicetak oleh lebih dari 268.000 dompet unik di jaringan Layer-2 ini.

Dengan pencapaian dan pertumbuhan yang pesat, Base Network menunjukkan potensinya sebagai salah satu jaringan Layer-2 yang patut diperhitungkan di masa depan. Meskipun ada tantangan dan persaingan yang ketat, dengan dukungan yang kuat dari komunitas crypto, Base Network berpotensi untuk terus berkembang dan mencapai puncak kesuksesan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: