Base Mainnet Siap Meluncur Secara Resmi Minggu Depan!

author:

Base Mainnet Siap Meluncur Secara Resmi Minggu Depan!

Coinbase, bursa crypto global, telah mengumumkan tanggal resmi peluncuran Base Mainnet, yaitu 9 Agustus 2023. Base adalah blockchain layer-2 yang dirancang untuk membuat transaksi lebih cepat dan murah dibandingkan dengan jaringan Ethereum.

Seiring dengan peluncuran ini, Coinbase juga akan mengadakan acara “Onchain Summer”, sebuah festival sepanjang bulan yang melibatkan 50 kreator dan pengembang.

Peluncuran Resmi Base Mainnet

Base Mainnet telah diluncurkan untuk pengembang pada 13 Juli 2023, namun pada saat itu belum ada antarmuka pengguna yang berfungsi untuk jembatannya dari Ethereum. Pada saat itu, satu-satunya cara untuk menggunakan jaringan adalah dengan menggunakan alat pengembang baris perintah untuk menjembatani ETH dari layer 1 Ethereum.

Baca juga: Shiba Inu (SHIB) Tambahkan ID Digital ke Proyek Ekosistemnya, Siap Jadi Saingan di Ruang DeFi?

peluncuran mainnet base
Sumber: Twitter

Dalam pengumuman pada 3 Agustus 2023 kemarin, tim Base mengatakan bahwa interface pengguna untuk jembatan sekarang sudah berjalan. Pengguna akhir dapat mulai menggunakan jaringan segera tanpa menunggu peluncuran resmi; namun, beberapa aplikasi Web3 awal Base mungkin tidak tersedia hingga peluncuran resmi pada 9 Agustus 2023.

Tim Base juga mengumumkan perayaan “Onchain Summer” sepanjang bulan. Setiap hari, pengembang akan “membawa Anda sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan onchain, menyoroti seni, musik, game, advokasi, dan lainnya,” kata pengumuman tersebut.

Inisiatif ‘Onchain Summer’

Sebagai bagian dari perayaan peluncuran, Base akan mengadakan “Onchain Summer”, sebuah festival sepanjang bulan yang melibatkan 50 kreator dan pengembang. Setiap hari, akan ada sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan onchain, dengan menyoroti seni, musik, game, advokasi, dan lainnya.

Tim Base akan memberikan hibah ETH kepada individu atau kelompok yang menciptakan situs web, seni, dan video terkait Base atau yang menerapkan protokol baru ke jaringan antara 9 Agustus dan 13 September. Tim akan memberikan token non-fungible terkait Base dan ETH kepada pengguna yang menjembatani ke jaringan atau menyelesaikan “quest” pendidikan.

Inisiatif ini bertujuan untuk mengubah narasi seputar crypto menjadi “sesuatu yang menyenangkan dan menarik” dengan bermitra dengan merek konsumen besar seperti Coca-Cola dan Atari. Inisiatif ini akan bermitra dengan Coinbase dan lebih dari 50 merek, platform, pasar, dan kreator.

Baca juga: Base Blockchain Tarik $68 Juta dalam Ethereum Jelang Peluncuran Resmi!

Masa Depan Base Mainnet

Sejak pertengahan Juli 2023, sejumlah pengembang telah menerapkan sejumlah kontrak pintar, mencoba rantai tersebut untuk diri mereka sendiri. Sejauh ini, Base telah melihat lebih dari $68 juta nilai ether yang dijembatani ke jaringan dan lebih dari $200 juta dalam volume perdagangan dan transaksi.

“Reaksi pertama saya adalah, ‘Ini adalah crypto; tentu saja ini terjadi,'” kata Jesse Pollak, pemimpin Base dan kepala protokol di Coinbase.

“Apakah ini dalam rencana kami? Tentu saja tidak. Kami telah fokus pada pengembang dan itulah yang tetap kami fokuskan… tetapi karena Base adalah ekosistem terbuka dan tanpa izin, Anda akan melihat orang membangun segala macam hal. Dan itu baik, itu adalah keindahan dari crypto.”

Untuk mendorong misi mereka untuk “mengubah internet,” blockchain ini bermitra dengan Prop House untuk menawarkan lebih dari 100 ether, atau sekitar $185.000, dalam hibah, kepada pengembang yang membangun di Base musim panas ini.

“Kami bersemangat untuk melihat aplikasi lain berdiri di samping aktivitas ini yang terjadi secara organik.”

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: