Base DEX Raih Volume Tertinggi $1 Miliar, Didominasi Uniswap (UNI)!

Base DEX Raih Volume Tertinggi $1 Miliar, Didominasi Uniswap (UNI)!

Jakarta, Pintu News – Dunia crypto baru-baru ini dikejutkan dengan pencapaian fenomenal dari Base, protokol lapisan 2 Ethereum milik Coinbase, yang berhasil menembus angka $1 miliar dalam volume perdagangan di bursa terdesentralisasi (DEX). Pencapaian ini menandai tonggak sejarah baru dan menegaskan posisi Base sebagai salah satu jaringan lapisan 2 terdepan. Simak analisa lengkapnya berikut ini!

Lonjakan Volume Perdagangan DEX

Data terbaru menunjukkan bahwa volume perdagangan DEX di Base mencapai $1,2 miliar pada 30 Maret, meningkat signifikan sebesar 25% dari total volume hari sebelumnya yang berjumlah $959,63 juta. Uniswap mendominasi pangsa pasar dengan menguasai lebih dari 64% dari total volume, diikuti oleh Aerodrome Finance dengan 9,7%.

Peningkatan aktivitas perdagangan ini beriringan dengan lonjakan jumlah pengguna aktif harian (DAU) di Base, yang melebihi 200.000 pengguna. Sebagian besar aktivitas ini didorong oleh kegilaan meme coin, yang telah meningkatkan biaya jaringan meskipun telah dilakukan peningkatan Dencun.

Baca Juga: Startup Web3 Ramai-ramai Bergabung dengan Akselerator, Ada Apa?

Meme Coin dan Prediksi Masa Depan Base

base dex volume
Base DEX Volume. Sumber: Dune Analytics

Spekulasi di komunitas crypto menunjukkan bahwa jaringan yang berkembang ini bisa menjadi pusat baru untuk meme coin. Seorang pedagang crypto terkenal, Wizard of SoHo, menyatakan bahwa Base mengingatkannya pada “Solana di masa awal” dan memprediksi kemunculan beberapa meme coin bernilai miliaran dolar di Base.

Selain itu, Jesse Pollak, kontributor Base, melakukan jajak pendapat kepada pengikutnya, menanyakan kapan Base akan menjadi ekonomi on-chain non-Ethereum terbesar. Sebagian besar responden, 49,4%, memperkirakan hal ini akan terjadi dalam waktu “3 bulan”, sementara 28,6% lainnya memprediksi “dalam 12 bulan”.

Baca Juga: Harga BTC Mendekati $70.000 di Akhir Q1, Gimana Prospeknya di Q2?

Pengaruh Peningkatan Dencun dan Pergerakan Coinbase

Peningkatan Dencun di Ethereum telah menurunkan biaya transaksi untuk lapisan 2, termasuk Base, yang berpotensi meningkatkan adopsi dan aktivitas di jaringan. Coinbase juga mengumumkan rencana untuk memindahkan lebih banyak akun USD Coin (USDC) pelanggan dan perusahaan ke Base, yang akan memungkinkan pertukaran crypto tersebut untuk “mengelola dan mengamankan dana pelanggan dengan biaya lebih rendah dan waktu penyelesaian yang lebih cepat”.

Perubahan ini hanya akan mempengaruhi akun Coinbase.com, bukan Coinbase Wallet, karena pengguna dompet bertanggung jawab atas kunci pribadi mereka sendiri.

Kesimpulan

Pencapaian Base dalam menembus angka $1 miliar dalam volume perdagangan DEX menandai era baru dalam dunia crypto dan DeFi. Dengan dukungan dari Coinbase dan adopsi yang meningkat, Base berpotensi menjadi pusat baru untuk inovasi dan pertumbuhan di ekosistem crypto. Apakah ini awal dari dominasi Base di lapisan 2 Ethereum? Waktu yang akan menjawab.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi