Lampaui Solana, Base Catat Rekor Transaksi Harian Baru! Apa yang Mendorong Lonjakan Aktivitas Ini?

Lampaui Solana, Base Catat Rekor Transaksi Harian Baru! Apa yang Mendorong Lonjakan Aktivitas Ini?

Base, jaringan Ethereum layer 2 (L2) yang diinkubasi oleh Coinbase, telah menunjukkan pertumbuhan pesat sejak diluncurkan ke publik. Dengan adopsi yang meningkat, Base mencatat jumlah transaksi tertinggi dalam sehari, menandai pertumbuhan signifikan platform ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Lonjakan Aktivitas On-Chain Base

transaksi friendtech
Jumlah harian transaksi Friend.tech. Sumber: Dune Analytics

Dilansir dari Decrypt, menurut data dari IntoTheBlock, Base mencatat transaksi harian hingga rekor baru sebanyak 1,88 juta transaksi pada Kamis, 14 September 2023.

Lucas Outumuro, kepala penelitian di IntoTheBlock, mengungkapkan bahwa Base mencatat lebih banyak transaksi daripada total transaksi Arbitrum dan Optimism pada hari yang sama.

Selain itu, Base mencatat throughput transaksi puncaknya minggu lalu dengan 21,29 transaksi per detik (TPS) pada 14 September, menempatkannya di atas jaringan L2 lainnya dan Ethereum dalam hal throughput transaksi.

Baca Juga: Pengguna Aktif Harian Blockchain Base Melonjak Jadi 136.000 Pasca Peluncuran

Apa yang Mendorong Lonjakan Aktivitas Ini?

Lonjakan aktivitas on-chain terbaru di jaringan Base terutama dikaitkan dengan kebangkitan kembali dari jaringan sosial terdesentralisasi, Friend.tech.

Friend.tech, yang dibangun di atas Base, memungkinkan pengguna untuk memperdagangkan “kunci” dari akun X (dulu Twitter) dan berinteraksi dengan tokoh media sosial dalam format obrolan grup tertutup.

Meskipun sempat dinyatakan “mati” oleh kritikus, Friend.tech bangkit kembali pekan lalu. Aplikasi terdesentralisasi ini tampaknya menikmati minat pengguna yang diperbaharui, dengan TVL-nya melampaui $30 juta dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga: Peluncuran Base: Solusi Layer-2 Ethereum yang Revolusioner dengan Kolaborasi Chainlink

Posisi Base di Antara Jaringan L2 Lainnya

tvl base
Sumber: DefiLlama

Meskipun Base telah mencatat prestasi dalam aktivitas on-chain, jaringan ini masih tertinggal dari Arbitrum dan Optimism dalam hal total nilai yang terkunci (TVL).

Menurut DefiLlama, Base memiliki TVL hampir $373 juta, sementara Arbitrum dan Optimism memiliki sekitar $1,7 miliar dan $650 juta masing-masing.

Namun, dengan pertumbuhan yang cepat dan adopsi yang meningkat, Base menunjukkan potensi untuk bersaing dengan pemain besar lainnya di ruang L2.

Base telah menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa dalam waktu singkat sejak peluncurannya. Dengan dukungan dari platform seperti Friend.tech dan adopsi yang meningkat, Base tampaknya siap untuk mengambil tempatnya di antara jaringan L2 terkemuka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: