Lonjakan Besar! Platform Base Coinbase Alami Kenaikan 25% dalam TVL Berkat USDC!

author:

Lonjakan Besar! Platform Base Coinbase Alami Kenaikan 25% dalam TVL Berkat USDC!

Platform Base dari Coinbase, yang merupakan jaringan Layer-2 berbasis Ethereum, telah menunjukkan performa yang kuat di pasar keuangan terdesentralisasi (DeFi) selama minggu terakhir. Dengan dukungan dari pencetakan ulang USDC, Total Value Locked (TVL) di jaringan Base telah melonjak secara signifikan.

Kenaikan TVL yang Mengesankan

transaksi base meningkat

Berdasarkan data dari L2Beat, TVL di jaringan Base telah meningkat sebesar 25,23% selama minggu lalu, mencapai $558 juta. Kenaikan ini memungkinkannya untuk melampaui zkSync Era, yang memiliki TVL sebesar $435 juta.

Baca juga: Coinbase dan Circle Berkolaborasi untuk Ubah Lanskap USDC dan Ekspansi Blockchain!

Pendorong utama dari kenaikan ini adalah pencetakan ulang USDC asli di jaringan pada 4 Oktober, 2023 yang menghasilkan lonjakan sebesar 470,55% menjadi total 159 juta USDC.

Peluncuran USDC di Platform Base

Dalam era digital saat ini, mata uang crypto telah menjadi bagian integral dari ekosistem keuangan global. Salah satu mata uang crypto yang telah mendapatkan perhatian besar adalah USDC, sebuah stablecoin yang nilai tukarnya selalu mendekati satu dolar AS. Bulan lalu, Circle, penerbit dari USDC, mengumumkan peluncuran monumental dari stablecoin ini di platform Base.

Peluncuran ini bukan hanya sekadar menambahkan stablecoin ke platform lain. Ini adalah langkah strategis yang dirancang untuk meningkatkan fungsionalitas dan likuiditas USDC di seluruh ekosistem blockchain. Dengan memperkenalkan USDC di blockchain tambahan sebagai token asli, Circle berupaya menghilangkan hambatan dan kompleksitas yang seringkali terkait dengan proses jembatan antar token di berbagai jaringan.

Sebelum peluncuran ini, pengguna jaringan Base harus bergantung pada versi jembatan dari USDC, yang dikenal sebagai “USDbC”, untuk melakukan transaksi dalam dolar AS. Namun, dengan integrasi USDC asli, proses ini menjadi lebih sederhana, cepat, dan efisien. Ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mentransfer USDC langsung dari akun bursa mereka ke jaringan Base, mempercepat adopsi dan penggunaan USDC di platform tersebut.

Baca juga: USDC Meluas ke Polkadot, Apa Dampaknya bagi Ekosistem Crypto?

Base: Kontender Kuat di Ruang DeFi

Platform Base mewakili solusi Ethereum Layer 2 yang dikembangkan bersama oleh bursa kripto Coinbase, bekerja sama dengan Optimism. Tujuan utamanya adalah untuk menyediakan lingkungan yang aman, ekonomis, dan ramah pengguna yang mendukung pembuatan aplikasi on-chain.

Lebih lanjut, platform ini sepenuhnya kompatibel dengan semua dompet EVM (Ethereum Virtual Machine) serta dompet Coinbase. Dengan peluncuran seperti koleksi NFT ‘Masterpiece’ oleh Coca-Cola, platform Base dengan cepat menjadi kontender kuat di ruang DeFi.

Meskipun pertumbuhan TVL di Base adalah indikator positif, pertumbuhan tersebut sebagian besar disebabkan oleh pencetakan USDC. Oleh karena itu, pertumbuhan mungkin tidak berkelanjutan. Namun, dengan dukungan dari pemain besar seperti Coinbase dan inovasi terus menerus, jaringan Base memiliki potensi untuk terus memainkan peran penting dalam ruang DeFi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: