BarnBridge DAO Bayar Denda $1,7 Juta ke SEC Amerika Serikat!

author:

BarnBridge DAO Bayar Denda $1,7 Juta ke SEC Amerika Serikat!

Dalam sebuah pengumuman yang mengejutkan industri keuangan desentralisasi (DeFi), BarnBridge DAO, sebuah protokol DeFi, telah menyelesaikan kasus dengan Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) dengan denda sebesar $1,7 juta.

Kesepakatan ini menandai sebuah momen penting dalam regulasi produk keuangan crypto, khususnya yang berkaitan dengan obligasi crypto.

Penyelesaian dengan SEC

barnbridge selesaikan masalah dengan sec
Perintah penghentian dan penghentian terhadap BarnBirdge DAO – Sumber: SEC

BarnBridge DAO, yang menjalankan protokol DeFi, dan pendirinya telah setuju untuk membayar lebih dari $1,7 juta untuk menyelesaikan tuduhan yang diajukan oleh SEC.

Baca juga: XRP Ledger dan Credefi Finance Berkolaborasi untuk Mengubah Wajah DeFi

Tuduhan tersebut berkaitan dengan gagalnya pendaftaran penawaran dan penjualan obligasi aset crypto yang dikenal sebagai SMART Yield bonds. SEC menyatakan bahwa BarnBridge dan pendirinya tidak mendaftarkan “penawaran dan penjualan sekuritas aset crypto terstruktur yang dikenal sebagai obligasi SMART Yield.”

SMART Yield mengumpulkan cryptocurrency yang disetorkan oleh investor dan kemudian menggunakan aset tersebut untuk menghasilkan pengembalian bagi investor. Pendiri BarnBridge, Tyler Ward dan Troy Murray, menggunakan media sosial untuk mempromosikan potensi investasi dan pengembalian yang terkait dengan SMART Yield.

Detail Pelanggaran dan Konsekuensinya

barnbridge selesaikan masalah dengan sec
Sumber: The Block

Menurut SEC, BarnBridge DAO dan pendirinya mengiklankan “SMART Yield Bonds,” sebuah produk investasi terstruktur yang membayar investor dengan tingkat pengembalian tetap dari kumpulan aset, yang disebut “SMART Yield Investment Pool.” Untuk mendapatkan tingkat pengembalian tersebut, kolam tersebut menukar aset investor dengan aset yang menghasilkan pendapatan dari “platform pinjaman pihak ketiga.”

Pendapatan yang dihasilkan kemudian dibagi antara investor tranche “Senior” dan “Junior.” Investor Senior dijamin tingkat pengembalian tetap, sementara investor Junior diberikan tingkat variabel. Jika tingkat pengembalian tidak cukup tinggi untuk membayar seluruh hadiah untuk tranche Senior, aset tranche Junior digunakan untuk mengkompensasi investor Senior.

Baca juga: 5 Token DeFi Terbaik yang Akan Mengubah Wajah Keuangan di 2024!

Dampak dan Implikasi Masa Depan

Kesepakatan ini menandai langkah penting dalam regulasi DeFi dan produk keuangan crypto. BarnBridge DAO telah diinstruksikan untuk menghentikan pelanggaran lebih lanjut terhadap hukum sekuritas AS. Kasus ini menunjukkan bahwa regulator keuangan semakin fokus pada kepatuhan regulasi dalam ruang DeFi dan crypto.

Kesepakatan ini juga menyoroti pentingnya transparansi dan kepatuhan regulasi dalam menawarkan produk keuangan crypto. Ini menjadi peringatan bagi entitas lain di ruang crypto untuk memastikan bahwa mereka mematuhi hukum dan regulasi yang berlaku.

Secara keseluruhan, penyelesaian BarnBridge DAO dengan SEC merupakan sebuah peristiwa penting yang menandai perubahan dalam cara regulator melihat dan menangani produk keuangan crypto.

Dengan denda sebesar $1,7 juta dan penghentian penjualan produk obligasi crypto, kasus ini menegaskan pentingnya kepatuhan terhadap regulasi dan bisa menjadi preseden bagi kasus serupa di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: