Negara Zambia Uji Teknologi Untuk Atur Crypto, Ini yang Dilakukan!

Negara Zambia Uji Teknologi Untuk Atur Crypto, Ini yang Dilakukan!

Dilansir dari Bitcoin News, Bank Zambia dan regulator sekuritas negara tersebut saat ini sedang menguji teknologi untuk mengatur cryptocurrency. Menurut seorang menteri pemerintah Zambia, Felix Mutati, menyatakan bahwa cryptocurrency adalah teknologi revolusioner yang mewujudkan masa depan yang ingin dicapai oleh negaranya.

Menurut Worldometer, Zambia merupakan salah satu negara yang terletak di benua Afrika yang memiliki populasi penduduk sebanyak 19,8 juta per 20 Februari 2023. Kira-kira apa saja yang dilakukan oleh Bank Zambia? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Mencapai Ekonomi Digital yang Inklusif

Zambia capai Ekonomi Digital yang Inklusif
Sumber: Bitcoin News

Felix Mutati menyampaikan bahwa Bank sentral Zambia dan Komisi Sekuritas dan Exchange Zambia sedang dalam proses menguji teknologi untuk mengatur mata uang digital.

Dalam sambutannya yang dipublikasikan di situs web kementerian, Mutati berpendapat bahwa Zambia perlu mengatur teknologi revolusioner ini, karena teknologi ini merangkum masa depan yang ingin dicapai oleh negara yang memiliki 19,8 juta penduduk ini.

Mutati juga mengungkapkan bahwa pengujian teknologi regulasi akan segera ditingkatkan sebagai bagian dari langkah-langkah untuk membantu Zambia mencapai ekonomi digital yang inklusif.

Selain itu, menteri tersebut mengatakan bahwa Zambia, yang berusaha menjadi pusat teknologi di kawasan ini, sudah menempatkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk membantu negara mencapai tujuan tersebut.

Sementara itu, menteri tersebut juga mengklaim bahwa Zambia telah memantapkan dirinya sebagai tujuan investasi pilihan bagi banyak investor. “Zambia telah menciptakan daya tarik yang menarik investasi dan merupakan salah satu negara di Afrika yang menjadi tempat yang wajib dipilih untuk investasi,” kata Mutati, dikutip dari Bitcoin News, Senin (20/2/2023).

Baca Juga: Bank of America: CBDC Akan Merevolusi Sistem Keuangan Global

Mengatasi Kesenjangan Inklusi Keuangan di Zambia

Mengatasi Kesenjangan Inklusi Keuangan di Zambia
Sumber: Freeman Law

Dilansir dari Bitcoin News, menurut Mutati, setelah infrastruktur pembayaran digital yang direncanakan tersedia, ia memperkirakan bahwa di masa depan cryptocurrency akan menjadi pendorong inklusi keuangan serta pembuat perubahan bagi ekonomi Zambia.

Selain menggunakan cryptocurrency untuk memajukan agenda inklusi keuangan negara, Zambia berharap dapat mencapai hal ini melalui mata uang digital bank sentral (CBDC) yang akan segera diluncurkan.

Referensi: