Swiss Siap Luncurkan Pilot Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC) Bersama 6 Bank Komersial!

author:

Swiss Siap Luncurkan Pilot Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC) Bersama 6 Bank Komersial!

Bank Nasional Swiss (SNB) telah mengumumkan peluncuran program pilot untuk mata uang digital bank sentral (CBDC) yang melibatkan enam bank komersial. Pilot ini, yang akan berlangsung dari Desember 2023 hingga Juni 2024, menandai langkah penting dalam penerapan teknologi keuangan terkini.

SNB dan Kolaborasi dengan 6 Bank Komerisal

bank swiss pilot cbdc
Sumber: Money Control

SNB bekerja sama dengan Banque Cantonale Vaudoise, Basler Kantonalbank, Commerzbank, Hypothekarbank Lenzburg, UBS, dan Zürcher Kantonalbank untuk menguji CBDC grosir.

Baca juga: Revolusi Digital Lari: Georgia Gandeng Ripple untuk Mata Uang Digital Pionir!

Bank-bank ini akan menggunakan infrastruktur SIX Digital Exchange (SDX) dan Swiss Interbank Clearing (SIC) untuk melaksanakan pilot ini.

Lebih lanjut, CBDC grosir ini merupakan bagian dari Helvetia Phase III, yang merupakan program pilot ketiga Swiss dalam eksplorasi mata uang digital bank sentral.

Tujuan dan Implementasi Helvetia Phase III

Helvetia Phase III bertujuan untuk menguji penyelesaian transaksi pasar primer dan sekunder menggunakan CBDC grosir dalam lingkungan nyata.

Bank-bank partisipan akan dapat menerbitkan obligasi digital Swiss Franc, memungkinkan penyelesaian transaksi digital berdasarkan prinsip pengiriman-versus-pembayaran.

Selanjutnya, program ini juga akan digunakan dalam penyelesaian transaksi repo yang dilakukan di platform perdagangan CO:RE dari SIX Repo SDX.

Baca juga: Mayoritas Penduduk Spanyol Menolak Euro Digital, Apa Alasannya?

Konteks Global dan Masa Depan Mata Uang Digital

cbdc grosir
Sumber: Coinscreed

Swiss adalah salah satu dari banyak pemerintah di seluruh dunia yang mengeksplorasi potensi mata uang fiat yang ditokenisasi yang beroperasi di platform teknologi ledger terdistribusi (DLT).

Di Eropa, ECB baru-baru ini mengumumkan peluncuran fase persiapan dalam upaya menciptakan Euro digital dalam beberapa tahun mendatang.

Meskipun ada kepercayaan yang tumbuh bahwa Euro digital akan menjadi norma di masa depan, masih ada langkah-langkah yang harus diambil sebelum penerbitan CBDC yang ditokenisasi dapat diresmikan.

Secara keseluruhan, inisiatif SNB dalam meluncurkan program pilot CBDC grosir menunjukkan komitmen yang kuat terhadap inovasi dalam sistem keuangan. Dengan mengambil langkah proaktif ini, Swiss menetapkan dirinya sebagai pemimpin dalam evolusi mata uang digital bank sentral.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: