Bank-Bank Top Korea Selatan Teliti Alternatif Stablecoin dan CBDC!

Bank-Bank Top Korea Selatan Teliti Alternatif Stablecoin dan CBDC!

Bank-bank swasta di Korea Selatan, termasuk Hana Bank dan Woori Bank, sedang meneliti potensi teknologi deposit token. Teknologi ini berfungsi sebagai alternatif untuk stablecoin pribadi dan mata uang digital bank sentral (CBDC).

Token deposit sertifikat atau CD adalah deposit bank yang ditokenisasi dan ditempatkan pada platform blockchain. Tujuannya adalah untuk menggantikan deposit dan catatan biasa tanpa mengganggu sistem perbankan yang ada. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bank-Bank Korea Selatan Meneliti Alternatif Stablecoin dan CBDC

bank korea teliti alternatif stablecoin dan cbdc
Sumber: Crypto News

Dilansir dari Cointelegraph, bank-bank swasta di Korea Selatan sedang meneliti potensi teknologi deposit token. Teknologi ini berfungsi sebagai alternatif untuk stablecoin pribadi dan mata uang digital bank sentral (CBDC).

Hana Bank berencana untuk melakukan penelitian tentang token CD sebagai bagian dari keputusan internalnya untuk terlibat dalam proses bukti konsep (PoC) untuk proyek CBDC oleh Bank of Korea.

Baca Juga: BIS Luncurkan 7 Langkah Keamanan untuk Lindungi CBDC dari Ancaman Cyber!

CD Lebih Handal Dibandingkan Stablecoin?

Dari perspektif perbankan, token CD dianggap stabil karena tidak berbeda secara signifikan dari sistem saat ini. Setelah runtuhnya aset asli Terra, UST, stablecoin algoritmik berada di bawah radar regulator dan investor mulai menjauh dari aset semacam itu.

Oleh karena itu, mengingat keadaan saat ini, token CD memberikan “keandalan lebih” dibandingkan dengan stablecoin, menurut laporan tersebut.

Baca Juga: Samsung dan Bank of Korea Siap Gunakan CBDC untuk Pembayaran Offline!

CD dan Kompatibilitasnya dengan CBDC

hana bank korea cbdc
Sumber: Crypto News

Fitur penting lainnya dari CD adalah potensi kompatibilitasnya dengan CBDC. Baik Hana Bank maupun Woori Bank berpartisipasi dalam uji coba bukti konsep untuk CBDC oleh Bank of Korea.

Bank of Korea telah mengungkapkan persiapan berkelanjutan mereka untuk pengenalan potensial CBDC, yang mencakup penyelidikan penggunaan kontrak pintar, pembayaran offline dengan komunikasi jarak dekat, dan pembayaran lintas batas.

Bank-bank swasta di Korea Selatan sedang meneliti potensi teknologi deposit token sebagai alternatif untuk stablecoin pribadi dan CBDC. Dengan kegagalan beberapa stablecoin dan keraguan terhadap nilai praktis dan masa depan jangka panjang dari mata uang seperti itu, teknologi deposit token seperti CD dapat menawarkan solusi yang lebih stabil dan andal.

Namun, seperti halnya teknologi baru, penting untuk melakukan penelitian lebih lanjut dan memahami risiko yang terlibat sebelum membuat keputusan investasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: