Bank Spanyol Siap Menghadapi Era Baru dengan Euro Digital, Apa Saja Keuntungannya?

author:

Bank Spanyol Siap Menghadapi Era Baru dengan Euro Digital, Apa Saja Keuntungannya?

Banco de España, bank sentral Spanyol, telah menjadi bagian dari kelompok institusi perbankan Eropa yang mempersiapkan klien mereka untuk potensi manfaat dari euro digital. Bank ini telah merilis penjelasan ringkas tentang mata uang digital bank sentral (CBDC) yang mungkin dikeluarkan oleh Uni Eropa dan bagaimana hal itu dapat menguntungkan masyarakat.

Keuntungan Utama Euro Digital

euro digital ecb
Sumber: Central Banking

Menurut Banco de España, bentuk uang tunai fisik “tidak memungkinkan untuk memanfaatkan semua manfaat yang ditawarkan oleh digitalisasi ekonomi dan masyarakat yang semakin meningkat.”

Baca juga: Proyek Euro Digital ECB Melaju ke Tahap Berikutnya!

Sementara itu, mereka percaya bahwa euro digital dapat membuat pembayaran elektronik menjadi komponen penting dari sistem keuangan. Fitur utama dari euro digital, seperti yang ditekankan oleh Banco de España, adalah kemampuan untuk melakukan transaksi offline.

Ini memungkinkan mata uang untuk memberikan tingkat privasi yang sama dengan uang tunai. Namun, dalam mode online, data pengguna hanya akan terlihat oleh institusi keuangan mereka dan tidak oleh penyedia infrastruktur CBDC, Eurosystem.

Proyek Euro Digital dan Visi Bersatu Eropa

Berdasarkan jadwal proyek yang dipublikasikan dalam teks, fase “persiapan” saat ini, yang dimulai pada 18 Oktober, akan berakhir pada tahun 2025. Namun, keputusan akhir tentang penerbitan CBDC se-EU masih harus dibuat.

Bank of Finland baru-baru ini menyuarakan sentimen yang sama terhadap euro digital. Seorang anggota dewan, Tuomas Välimäki, menyebutnya sebagai “proyek paling aktual” di sektor pembayaran Eropa.

Pada 25 Oktober 2023, Bank Sentral Eropa (ECB) membagikan tautan ke halaman arahan yang didedikasikan untuk informasi dasar tentang euro digital. Halaman ini menjanjikan kehidupan yang “lebih mudah” dan Eropa yang “lebih kuat.”

Pada akhirnya, kemungkinan pengenalan euro digital menunjukkan komitmen Eropa terhadap inovasi dan kemajuan. Dengan menggabungkan fitur terbaik dari uang tunai dan pembayaran elektronik, Uni Eropa siap untuk mendefinisikan ulang cara warganya bertransaksi dan berinteraksi secara ekonomi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: