Pertama Kalinya, Bank Terbesar di Korea Selatan Buat Platform Metaverse!

Pertama Kalinya, Bank Terbesar di Korea Selatan Buat Platform Metaverse!

Dikutip dari The Coin Republic, Korea Federation of Banks (KFB) baru saja mencari lisensi dari pemerintahan pro-crypto untuk menyediakan aset digital. Bank Shinhan adalah pihak yang pertama kali menawarkan layanan metaverse di negara tersebut. Bank tersebut merupakan salah satu bank terbesar di Korea Selatan yang didirikan pada tahun 1897 dan berkantor pusat di Seoul, Korea Selatan.

Dikutip dari Worldometer, Korea Selatan adalah negara di Asia dengan jumlah penduduk sebanyak 51.376.366 orang (data per Desember 2022).

Sementara itu, dilansir dari Ceic Data, Data Produk Domestik Bruto (PDB) Korea Selatan dilaporkan sebesar 546.304,500 KRW miliar atau setara dengan Rp6,4 triliun (kurs 1 KRW = Rp11.810) pada bulan September 2022.

Dikutip dari trading economics data, rata-rata Consumer Price Index di Korea Selatan adalah 5,0% YoY di bulan November 2022. Data CPI mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar 122,1% YoY pada Oktober 1952 dan rekor terendah -12,0% YoY pada April 1958.

Ingin tahu mengenai platform metaverse yang diluncurkan oleh Bank Shinhan? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bank Shinhan Resmi Luncurkan Platform Metaverse ‘Shinamon’

Bank Shinhan Resmi Luncurkan Platform Metaverse ‘Shinamon’
Sumber : NFT Gators

Dikutip dari The Coin Republic, Presiden Bank Shinhan, Jin Ok-dong, mengumumkan pada tanggal 30 November 2022, bahwa bank akan mengadakan acara terbuka untuk merayakan peluncuran ‘Shinamon’.

Shinamon merupakan ruang virtual yang menghubungkan sektor keuangan dan non-keuangan, yang mana mampu memberikan pengalaman baru bagi pelanggan. Dikutip dari Geek Metaverse, platform metaverse tersebut terdiri atas zona keuangan, zona kesehatan, zona seni, zona olahraga dan toko.

Baca Juga: Inovatif! Gramedia Manfaatkan NFT untuk Edukasi Teknologi!

Bank Shinhan Berhasil Menarik 85.000 Pengunjung Dalam Uji Coba Platform Shinamon

Bank Shinhan Berhasil Menarik 85.000 Pengunjung Dalam Uji Coba Platform Shinamon
Sumber: Disruption Banking

Pada bulan Juni 2022, Bank Shinhan mengadakan uji coba platform Shinamon selama lima hari, yang mana uji coba tersebut mampu menarik 85.000 pengunjung. Per 1 Desember 2022 hingga 10 Februari 2023, Bank Shinhan akan mengadakan tiga acara bagi pengunjung platform metaverse Shinamon.

Dikutip dari Geek Metaverse, pengunjung akan dapat berpartisipasi dalam berbagai permainan untuk memenangkan hadiah, seperti iPad Pro, AirPod Max atau hair dryer Dyson, dan lain-lain. Leaderboard pemenang nantinya akan ditampilkan dari ranking 1 sampai 100, sesuai dengan level masing-masing.

Sementara itu, salah satu pejabat Bank Shinhan juga menyampaikan bahwa mereka akan berpartisipasi dalam event CES 2023 dalam rangka promosi. “Sebagai pengakuan atas inovasi Shinamon, kami berencana untuk berpartisipasi dalam pameran sektor fintech dari ‘CES 2023,’ pameran digital terbesar di dunia, yang akan berlangsung pada bulan Januari tahun 2023,” ujar pejabat Shinhan Bank, dikutip dari The Coin Republic, Kamis (1/12/2022).

Baca Juga: Wow, Microsoft Suntik Dana $46 Juta ke Developer Game Blokchain Korea!

Adopsi Cryptocurrency oleh Bank Shinhan

Adopsi Cryptocurrency oleh Bank Shinhan
Sumber: PYMNTS.com

Dikutip dari Geek Metaverse, Korea Selatan telah memilih ketua pro-cryptocurrency, Yoon Suk-yeol, pada bulan Maret 2022. Pada bulan Juni 2022 lalu, Shinhan Bank menguji pengiriman uang internasional secara real-time melalui stablecoin dengan Standard Bank Afrika Selatan, menggunakan jaringan blockchain Hedera Hashgraph.

Tak hanya itu, bank ini juga merupakan investor awal di Korea Digital Asset Custody, penyedia layanan kustodi yang menyimpan dan mengelola berbagai jenis aset digital yang dimiliki oleh bisnis dan individu.

Referensi: