Bank Sentral Ukraina Tuntut Data Keuangan dari Perusahaan Crypto Lokal, Ada Apa?

author:

Bank Sentral Ukraina Tuntut Data Keuangan dari Perusahaan Crypto Lokal, Ada Apa?

Dilansir dari Cointelegraph (1/8/23), baru-baru ini pemerintah Ukraina meminta data keuangan dari sektor crypto domestik. Bank sentral Ukraina meminta empat perusahaan crypto lokal, Kuna, CoinPay, GEO Pay, dan Qmall, untuk mengirimkan laporan keuangan untuk dua kuartal pertama tahun 2023.

Permintaan Mendadak dari Bank Sentral Ukraina

masa depan crypto ukraina
Sumber: International Banker

Pendiri dan CEO Kuna, Michael Chobanyan, membagikan berita tentang permintaan terbaru ini dari Bank Nasional Ukraina (NBU) pada 3 Juli 2023, merujuk pada dokumen yang beredar oleh jaringan berita Ukraina.

Baca juga: Sejak Invasi Rusia, Donasi dalam Bentuk Crypto untuk Ukraina Telah Terkumpul Rp3,3 Triliun

Menurut dokumen tersebut, NBU meminta perusahaan crypto untuk memberikan data tentang volume operasional dan detail tentang penerimaan dan transfer dana. Tidak hanya itu, Perusahaan crypto Ukraina juga diminta untuk mengeluarkan pernyataan untuk semua akun sejak awal tahun 2023.

Alasan di Balik Langkah Terbaru NBU

bank sentral ukraina meminta data kepada perusahaan crypto lokal
Bank sentral Ukraina – Sumber: CNBC

Chobanyan mengkonfirmasi berita tersebut di saluran Telegramnya sendiri, menunjukkan bahwa alasan di balik langkah terbaru NBU tidak jelas.

“Belum ada informasi seperti ini di Ukraina dan belum pernah ada,” katanya, menambahkan bahwa penelitiannya menunjukkan bahwa ini adalah kasus bahkan sebelum peluncuran Kuna pada tahun 2015.

Dia lebih lanjut menyatakan bahwa arah pemerintah jelas, dengan mengatakan,

“Selama dua minggu terakhir, gelombang pertama pencarian di bursa telah berlangsung di Kiev dan seluruh Ukraina, yang dipicu oleh tindakan NBU, Kementerian Dalam Negeri, dan Layanan Keamanan Ukraina. […] Akan ada lebih banyak pencarian dan pertukaran.”

Dampak Permintaan NBU terhadap Industri Crypto

Meski ada peningkatan tekanan dari otoritas Ukraina terhadap industri crypto, Chobanyan melihat sisi positif dalam situasi ini. Dia berencana untuk fokus pada pasar Eropa, khususnya segmen bisnis-ke-bisnis (B2B).

Baca juga: Siap-Siap, Ukraina Rencanakan Pajak 18% atas Keuntungan Crypto Mulai 2024!

Kuna baru-baru ini meluncurkan KunaPay, layanan pengambilan crypto, yang berpotensi menjadi alasan di balik tindakan pemerintah. Chobanyan tetap optimis tentang pergeseran fokus ke Eropa, dengan menyatakan bahwa dia berterima kasih kepada NBU karena telah mendorong perusahaannya untuk menjadi pemain Eropa yang sukses daripada pemain Ukraina yang niche.

Tindakan terbaru oleh pemerintah Ukraina telah menimbulkan kekhawatiran dalam industri crypto lokal. Seiring NBU memperketat regulasi dan menuntut transparansi keuangan yang lebih besar, beberapa perusahaan seperti Kuna mengalihkan operasinya dari pasar Ukraina.

Sementara situasi ini mungkin menimbulkan tantangan bagi perusahaan crypto lokal, beberapa juga menjelajahi peluang baru di pasar Eropa. Seiring perkembangan situasi, peserta industri memantau dekat tindakan otoritas Ukraina dan dampak potensial mereka pada lanskap crypto di negara tersebut.

Masih harus dilihat bagaimana langkah-langkah regulasi ini akan membentuk masa depan industri kripto di Ukraina dan apakah tindakan pemerintah akan memang merangsang pertumbuhan perusahaan Eropa yang sukses di sektor ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: