Pejabat Bank Sentral Spanyol Margarita Delgado Ungkap Potensi Euro Digital! Ini Katanya!

Pejabat Bank Sentral Spanyol Margarita Delgado Ungkap Potensi Euro Digital! Ini Katanya!

Margarita Delgado, Wakil Gubernur Bank Sentral Spanyol, baru-baru ini berbicara tentang peluncuran potensial Euro Digital dan dampaknya pada sistem perbankan dan layanan pembayaran pribadi. Dalam beberapa sumber berita, termasuk Cointelegraph, Nasdaq, dan The Star, Delgado menyoroti berbagai aspek dari Euro digital, mulai dari interaksi dengan layanan pembayaran pribadi hingga dampaknya pada likuiditas bank. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Euro Digital dan Layanan Pembayaran Pribadi

penerapan euro digital
Sumber: Equipo Europa

Menurut Cointelegraph, Delgado berbicara tentang bagaimana Euro digital dapat membantu Uni Eropa mengatasi tantangan seperti hambatan pembayaran lintas batas dan biaya tinggi untuk bisnis yang menggunakan penyedia layanan pembayaran pribadi (PSP).

Dia mengatakan, “Kami percaya ada cukup ruang bagi Euro digital dan solusi pembayaran pribadi untuk berdampingan.” Ini akan memungkinkan pengembangan layanan pembayaran dan keuangan baru di tingkat pan-Eropa oleh sektor swasta.

Baca Juga: Perluas Ekspansinya, Circle Meluncurkan Stablecoin Berbasis Euro (EUROC) di Avalanche

Dampak pada Sistem Perbankan

Dilaporkan oleh Nasdaq dan The Star, Delgado menekankan pentingnya mengukur dampak Euro digital pada sistem perbankan sebelum peluncurannya.

“Penerbitan Euro digital tidak boleh merugikan stabilitas sistem keuangan,” kata Delgado, dikutip dari Nasdaq, Sabtu (26/8/2023). Dia juga menyoroti pentingnya menilai dampaknya pada likuiditas bank sebagai akibat dari transfer uang dari rekening bank ke dompet Euro digital.

Baca Juga: Bakal Rilis Euro Digital, Menteri Keuangan Eurogroup Rilis Pernyataan Ini!

Regulasi dan Keamanan Finansial

regulasi dan keamanan euro digital
Sumber: Macau Business

Delgado menambahkan bahwa Euro digital tidak akan dilindungi oleh asuransi deposito umum sampai otoritas pengawas dan resolusi umum ditempatkan di bawah skema asuransi deposito Eropa.

Selain itu, dia menyarankan bahwa alat yang berbeda mungkin diterapkan untuk menghindari konsekuensi yang tidak diinginkan bagi stabilitas keuangan, seperti menetapkan batas sekitar 3.000 Euro pada jumlah Euro digital yang dapat dipegang oleh pengguna.

Pernyataan dari Margarita Delgado menunjukkan bahwa peluncuran Euro digital adalah langkah yang kompleks yang memerlukan pertimbangan serius dari berbagai aspek, termasuk interaksi dengan layanan pembayaran pribadi dan dampaknya pada sistem perbankan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: