Bank Sentral Singapura Menguji Coba CBDC Grosir Langsung!

author:

Bank Sentral Singapura Menguji Coba CBDC Grosir Langsung!

Bank Sentral Singapura, Monetary Authority of Singapore (MAS), baru-baru ini mengumumkan rencana peluncuran mata uang digital bank sentral (CBDC) secara langsung. Program ini ditujukan untuk penyelesaian transaksi antar bank dan merupakan langkah penting dalam integrasi mata uang digital ke dalam operasi perbankan mainstream.

CBDC Langsung untuk Penyelesaian Transaksi Antar Bank

MAS berencana untuk meluncurkan CBDC secara langsung untuk penyelesaian transaksi antar bank. Ravi Menon, Direktur Pelaksana MAS, mengumumkan bahwa bank sentral akan segera bekerja sama dengan bank-bank Singapura untuk menguji penggunaan CBDC sebagai aset penyelesaian untuk pembayaran domestik.

Baca juga: Kepala IMF: CBDC Mampu Gantikan Uang Tunai

Menon menjelaskan bahwa bank akan menerbitkan kewajiban yang ditokenisasi yang mewakili klaim pada neraca mereka. Pelanggan ritel dapat menggunakan kewajiban yang ditokenisasi ini untuk bertransaksi dengan pedagang, yang akan diselesaikan melalui transfer otomatis dari CBDC grosir.

“Kliring dan penyelesaian terjadi dalam satu langkah, pada infrastruktur yang sama, tidak seperti sistem saat ini dimana kliring dan penyelesaian terjadi pada sistem yang berbeda, dan penyelesaian terjadi dengan jeda waktu,” kata Menon.

Proyek Guardian dan Pengembangan CBDC

masa depan cbdc
Sumber: Elliptic

Sebagai bagian dari upaya untuk menguji berbagai kasus penggunaan seputar tokenisasi aset, MAS telah memperkenalkan lima pilot industri tambahan ke program uji coba infrastruktur keuangannya, yang dikenal sebagai Proyek Guardian. Proyek ini telah diperluas dari 12 menjadi 17 anggota, termasuk institusi keuangan besar seperti BNY Mellon, HSBC, dan Citigroup. Telusuri lebih lanjut di Singapura Memperkenalkan 5 Pilot Baru untuk Menguji Tokenisasi Aset.

Selain itu, MAS dan Federal Reserve New York telah menerbitkan hasil dari program uji coba enam tahun tentang utilitas CBDC dalam pembayaran lintas batas, yang menunjukkan bahwa CBDC berpotensi berguna dalam membuat pembayaran lintas batas lebih efisien dan hemat biaya.

Implikasi Bagi Konsumen

Peluncuran CBDC ini memiliki implikasi yang signifikan bagi seorang konsumen. Dengan adanya CBDC, transaksi dapat diselesaikan secara instan, berbeda dengan sistem saat ini di mana penyelesaian terjadi dengan penundaan.

Selain itu, penggunaan CBDC juga dapat membantu dalam membuat pembayaran lintas batas lebih efisien dan hemat biaya, yang tentunya akan sangat menguntungkan bagi konsumen yang sering melakukan transaksi internasional.

Pada akhirnya, peluncuran CBDC oleh MAS ini menandai langkah penting dalam integrasi mata uang digital ke dalam operasi perbankan mainstream. Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, tidak diragukan lagi bahwa ini adalah langkah maju yang signifikan dalam evolusi sistem keuangan global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: