Bank Sentral Saudi Minta IMF Awasi Aktivitas Cryptocurrency! Apa yang Dilakukan?

Bank Sentral Saudi Minta IMF Awasi Aktivitas Cryptocurrency! Apa yang Dilakukan?

Gubernur Bank Sentral Saudi (SAMA), Ayman Alsayari, meminta bantuan IMF untuk mengawasi aktivitas cryptocurrency. Alsayari menekankan pentingnya pengawasan yang baik untuk melawan risiko yang ditimbulkan oleh cryptocurrency dan pialangnya. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Peringatan Terhadap Bahaya Cryptocurrency

dokumen imf dan fsb
Dokumen IMF dan FSB. Sumber: Cryptonews

Ayman Alsayari, dalam pertemuan G20 Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG) di Maroko, menyerukan perlunya pengawasan yang baik terhadap aset digital.

“Kami membutuhkan pengawasan, regulasi, dan koordinasi yang baik terhadap aktivitas crypto. Dalam konteks ini, kami mendukung kerja dan peta jalan yang relevan dari IMF dan Financial Stability Board untuk mengatasi risiko yang terkait dengan crypto,” ujarnya.

Pernyataan ini muncul setelah IMF dan regulator keuangan global menetapkan roadmap pada bulan September, untuk mengkoordinasikan langkah-langkah dan mencegah crypto merusak stabilitas keuangan.

IMF dan Financial Stability Board (FSB) merilis sebuah dokumen yang menyarankan pemberian lisensi kepada penyedia layanan crypto dan meminta negara-negara untuk menerapkan standar anti pencucian uang dan pendanaan teroris dari Financial Action Task Force (FATF).

Baca Juga: IMF Luncurkan C-RAM, 3 Langkah untuk Menilai Risiko Crypto!

Respon Terhadap Inflasi Global

respon terhadap inflasi global
Sumber: Disruption Banking

Gubernur Alsayari juga menyatakan bahwa ekonomi global sedang mengalami penurunan drastis akibat tingkat inflasi yang meningkat.

“Kebijakan moneter ketat sedang diterapkan di seluruh dunia untuk menurunkan inflasi. Akibatnya, tingkat pertumbuhan global diperkirakan sekitar tiga persen tahun ini dan tahun depan,” katanya.

Pada pertemuan G20 FMCBG yang diadakan di Marrakech, Maroko, juga diumumkan roadmap G20 untuk mengatur aset crypto dan mereformasi bank pembangunan multilateral (MDBs). Roadmap ini akan membantu mendorong kebijakan global dan regulasi crypto sambil mempertimbangkan implikasi pada Pasar Berkembang dan Ekonomi Berkembang (EMDEs).

Dengan adanya roadmap ini, diharapkan dapat memberikan pengawasan yang lebih baik terhadap aktivitas cryptocurrency dan mencegah potensi risiko yang dapat merusak stabilitas keuangan global. Selain itu, ini juga menjadi langkah awal dalam transformasi industri crypto menjadi sesuatu yang dapat dipahami dan dikendalikan oleh institusi keuangan tradisional dan regulator.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: