Bank Sentral Rusia Siapkan Digital Ruble untuk Transaksi Internasional!

Bank Sentral Rusia Siapkan Digital Ruble untuk Transaksi Internasional!

Bank Sentral Rusia sedang menjajaki kemungkinan untuk mengintegrasikan Digital Ruble dengan sistem pembayaran negara lain. Gubernur Elvira Nabiullina melaporkan bahwa bank sedang membahas opsi untuk menggunakan Digital Ruble dalam transaksi lintas batas. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Digital Ruble dan Transaksi Lintas Batas

digital ruble cbdc
Sumber: BuyUCoin

Dilansir dari Bitcoin News, konsep Digital Ruble bukanlah hal baru, namun perkembangan terbaru menunjukkan bahwa Bank Sentral Rusia sedang mempersiapkan diri untuk mempercepat masuknya ke dunia mata uang digital. Perkembangan ini telah memicu pembicaraan tentang integrasi Digital Ruble dengan mata uang digital bank sentral (CBDC) negara lain.

Menurut laporan media negara TASS, diskusi ini berfokus pada penggunaan Digital Ruble dalam transaksi lintas batas, fitur yang melekat dalam desain CBDC. Ada dua metode yang sedang dipertimbangkan untuk integrasi: interaksi platform-ke-platform atau pusat penyelesaian bersama dengan berbagai platform mata uang digital.

Baca Juga: BI Rencana Luncurkan Central Bank Digital Currency atau Mata Uang Digital Indonesia

Rencana dan Uji Coba Digital Ruble

Bank Sentral Rusia memperkirakan bahwa penerimaan Digital Ruble secara mainstream bisa terjadi pada tahun 2025. Gubernur Elvira Nabiullina menjelaskan bahwa diskusi tentang kedua opsi tersebut sedang berlangsung dengan negara-negara yang memiliki hubungan baik dengan Rusia.

Visi untuk menggunakan Digital Ruble sebagai alat untuk pembayaran lintas batas telah ada di radar Bank Sentral Rusia sejak awal tahun ini. Pilihan awal untuk melakukan pembayaran ini melalui Digital Ruble sudah dalam pengembangan.

Baca Juga: Peran Mata Uang Digital Dalam KTT SCO 2023 dan Mahalnya Lisensi Crypto di Hongkong!

Hukum dan Aturan Operasional Digital Ruble

crypto rusia
Sumber: PYMNTS

Dengan persetujuan baru-baru ini dari Hukum Digital Ruble, kerangka kerja untuk menerbitkan mata uang digital baru ini sekarang sudah ada. Bank Sentral Rusia telah mengajukan aturan operasional untuk Digital Ruble dan platform terkait. Aturan ini telah tersedia untuk konsultasi, yang berakhir pada 19 Juli 2023, melambangkan langkah penting menuju tujuan akhirnya.

Eksplorasi Digital Ruble oleh Bank Sentral Rusia menandai babak baru yang menarik dalam sejarah mata uang digital. Dengan penjajakan berkelanjutan atas potensi kolaborasi dan integrasi Digital Ruble dengan sistem pembayaran yang ada, perkembangan Digital Ruble dan dampak potensialnya di panggung global akan ditonton dengan cermat oleh negara dan lembaga keuangan di seluruh dunia

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: