Bank Sentral Norwegia Gunakan Ethereum untuk Bangun Uang Digital

Bank Sentral Norwegia Gunakan Ethereum untuk Bangun Uang Digital

Dengan maraknya adopsi teknologi kriptografi, bank sentral Norwegia, Norges Bank membuat terobosan besar dalam upaya membangun mata uang digital nasional Norwegia menggunakan teknologi Ethereum.

Bank sentral Norwegia baru saja merilis open source code sebagai sandbox mata uang digital bank sentral negara/central bank digital currency (CBDC) berdasarkan teknologi Ethereum.

Sandbox adalah sebuah program yang digunakan untuk memberikan pemahaman yang lebih jelas kepada pemerintah federal, pembuat kebijakan, dan sektor swasta tentang bagaimana potensi CBDC diluncurkan.

Sementara itu, Central Bank Digital Currency atau CBDC adalah versi digital dari mata uang resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah. CBDC diterbitkan dan diatur oleh otoritas moneter atau bank sentral dari suatu negara.

Mengenai CBDC Norwegia

Sandbox tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga memungkinkan untuk menawarkan interface untuk berinteraksi dengan jaringan uji. Menurut penuturan mitra resmi CBDC, Nahmii, disampaikan bahwa teknologi ini berfungsi untuk mengaktifkan mencetak, membakar, dan mentransfer token ERC-20.

“Pengembangan sandbox akan mencakup kasus penggunaan yang lebih kompleks dan menarik seperti pembayaran batch, token keamanan, dan bridge. Proyek ini akan melibatkan pengembangan smart contract dan pengembangan frontend tambahan,” jelas Nahmii.

“Harap dicatat bahwa kode versi ini hanya cocok untuk file keystore dan tidak mendukung MetaMask. Versi jaringan sandbox Norges Bank saat ini berada di belakang otentikasi dasar dan hanya dapat diakses oleh pengguna dengan kredensial yang sesuai. Oleh karena itu, transaksi di jaringan uji ini akan bersifat pribadi,” kata Nahmii.

Sandbox juga memiliki frontend khusus dan alat pemantau jaringan seperti Grafana dan BlockScout. Nahmii juga mencatat bahwa bagian depan sandbox akan menunjukkan ringkasan transaksi yang dapat difilter sesuai dengan apa yang terjadi di jaringan.

Rencana Norges Bank Sebelumnya untuk CBDC

Sebelumnya, dilaporkan bahwa Norges Bank berencana untuk memberlakukan sistem CBDC pada bulan April tahun lalu.

“Tujuan keseluruhan dari penyelidikan Norges Bank adalah untuk menilai apakah DSP (infrastruktur inti untuk menerbitkan, mentransfer dan menghancurkan uang digital bank sentral) diperlukan dan untuk memastikan sistem pembayaran di Norwegia aman, efisien, dan menarik bagi penduduk Norwegia,” jelas Norges Bank dalam laman resminya.

Perkembangan CBDC di Seluruh Dunia

cbdc
(Cointelegraph)

Menurut data dari International Monetary Fund (IMF), terdapat sekitar 97 negara, atau lebih dari setengah bank sentral global yang telah melakukan pengembangan CBDC. Dari data ini, ditemukan bahwa sampai saat ini terdapat dua negara yang telah sepenuhnya meluncurkan proyek CBDC yaitu Nigeria dan Bahaman.

Reserve Bank of India (RBI) baru-baru ini juga mengumumkan rencana untuk memperkenalkan CBDC secara bertahap yang akan dirancang sedemikian rupa sehingga tidak ada celah anonimitas.

Berdasarkan laporan yang diterbitkan oleh perusahaan analisis data Visual Capitalist, India saat ini telah memulai pembangunan teknis dan pengujian awal CBDC.

Referensi:

Helen Partz. Norwegian central bank uses Ethereum to build national digital currency. Diakses tanggal: 23-09-22

FE Digital Currency. Norwegian central bank uses Ethereum to build a digital currency. Diakses tanggal: 23-09-22

Sourish Samanta. Norway’s central bank to build national digital currency on Ethereum. Diakses tanggal: 23-09-22

Norges Bank. Central bank digital currency. Diakses tanggal: 23-09-22

Luke Huigsloot. Think tank launches ‘technical sandbox’ exploring United States CBDCs. Diakses tanggal: 23-09-22