Bank Sentral Kanada Ungkap Inovasi dan Tantangan DeFi yang Guncang Dunia Keuangan!

Bank Sentral Kanada Ungkap Inovasi dan Tantangan DeFi yang Guncang Dunia Keuangan!

Bank Sentral Kanada baru-baru ini merilis catatan staf tentang keuangan terdesentralisasi atau DeFi, yang menyoroti inovasi yang membuatnya populer dan tantangan serta risiko yang terkait dengan penggunaannya.

Catatan ini memberikan gambaran mendalam tentang bagaimana DeFi telah menjadi bagian integral dari ekonomi crypto dan bagaimana hal itu dapat mengubah sistem keuangan tradisional. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Inovasi DeFi dan Dampaknya pada Ekonomi Crypto

inovasi defi bank kanada
Inovasi DeFi. Sumber: Bank Kanada

DeFi digambarkan sebagai struktur berlapis, dengan blockchain Ethereum berfungsi sebagai lapisan dasar. Di atas blockchain utama ini, pengembang membangun berbagai alat dan layanan, termasuk tokenisasi, layanan pinjaman dan peminjaman, dan banyak lagi.

Catatan staf ini menyoroti bagaimana popularitas ekosistem DeFi mulai meningkat pada tahun 2020 dan bagaimana hal itu menjadi bagian penting dari ekonomi crypto, dengan volume miliaran dolar dalam beberapa tahun ke depan.

Namun, popularitas ekosistem ini mulai menurun pada tahun 2022 dengan runtuhnya beberapa platform crypto utama dengan eksposur DeFi yang signifikan, termasuk Terra.

Baca Juga: Kanada Kembangkan Gudang Digital untuk Menyimpan Aset Crypto dan NFT yang Disita

Tantangan dan Risiko DeFi

Meskipun DeFi menawarkan inovasi yang dapat mengubah sistem keuangan tradisional, catatan staf ini juga membahas tantangan dan risiko yang terkait dengan ekosistem DeFi. Menurut catatan tersebut, “meskipun inovasinya dan kemungkinannya, manfaat ekonomi keseluruhan dari DeFi masih terbatas.”

Tiga tantangan utama yang dihadapi sistem DeFi saat ini adalah kurangnya tokenisasi dunia nyata, konsentrasi interkoneksi yang lebih tinggi di dalamnya, dan ketergantungannya pada ekosistem keuangan terpusat yang tidak diatur.

Catatan ini juga menyoroti tantangan regulasi yang ditimbulkan oleh ekosistem DeFi dan peningkatan kerentanan dalam ekosistem tersebut, yang mengarah ke beberapa peretasan dan eksploitasi. Catatan tersebut mengklaim bahwa “sifat anonim dan tanpa batas dari blockchain publik mempersulit pengawasan regulasi.”

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: