Bank Sentral Israel Luncurkan Shekel Digital (CBDC), Apa Saja Kegunaannya?

Bank Sentral Israel Luncurkan Shekel Digital (CBDC), Apa Saja Kegunaannya?

Bank Sentral Israel mengumumkan rencana untuk mendukung mata uang digital bank sentral (CBDC) shekel Israel baru yang memiliki opsi untuk memberikan bunga. CBDC shekel akan diimplementasikan dalam model dua tingkat, dengan pembayaran instan 24/7, dukungan multipembayaran, penggunaan offline, batasan saldo, dan opsi agar CBDC menjadi berbunga. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Arsitektur Shekel Digital Mengurangi Peran Bank dalam CBDC

Arsitektur shekel digital berbeda dari CBDC lain dalam beberapa hal. Salah satunya adalah kemampuan untuk membayar bunga. Yang lainnya adalah pemisahan peran bank dari penyediaan dompet dan layanan pembayaran.

Pengguna dapat membuka dompet dengan PSP dan terhubung ke satu atau lebih bank pihak ketiga untuk pendanaan atau pencairan dana melalui API open banking. Pendanaan dan pencairan dana sangat penting bagi sebagian besar CBDC.

Ketika pengguna melakukan pembayaran dan memiliki shekel digital yang tidak mencukupi, perlu ada yang disebut reverse waterfall dari bank untuk menambah saldo CBDC secara lancar sehingga pembayaran dapat diselesaikan.

Baca Juga: Blockaid, Startup Keamanan Web3 Israel, Kumpulkan Dana $33 Juta! Untuk Apa?

Basis Data CBDC Centralized

cbdc shekel
Sumber: The Times of Israel

Aspek baru lainnya berkaitan dengan basis data terpusat yang direncanakan. Data yang dikendalikan oleh bank sentral akan dibagi menjadi dua bagian. Menjalankan platform CBDC yang bertanggung jawab untuk mencatat semua transaksi. Dalam skenario berbasis token, sistem itu belum tentu memiliki pandangan global tentang saldo seseorang.

Namun, informasi saldo akun global diinginkan untuk berbagai keperluan. Oleh karena itu, apakah sistem tersebut berbasis akun atau token, Bank Israel menginginkan basis data terpusat terpisah dengan informasi saldo akun anonim.

Bank sentral itu sendiri tidak akan memiliki akses ke informasi identitas pribadi, tetapi mungkin akan mengetahui identitas saldo perusahaan. Pemikiran saat ini adalah bahwa data pribadi akan disimpan dalam basis data pusat tetapi dienkripsi.

Baca Juga: Revolusi Properti Israel: Bagaimana Teknologi Blockchain Mengubah Wajah Pasar Real Estate?

Distribusi CBDC Tidak Langsung

Fitur lain yang dipertimbangkan dalam dokumen arsitektur adalah apakah bank sentral akan memiliki hubungan langsung atau tidak langsung dengan bank untuk tujuan pendanaan atau pencairan dana.

Dengan kata lain, ketika konsumen menerima shekel digital mereka, apakah mereka akan mendapatkannya langsung dari bank sentral atau dari bank tempat konsumen membayar untuk membeli shekel digital.

Kesimpulan

Bank Sentral Israel berencana untuk mendukung mata uang digital bank sentral (CBDC) shekel Israel baru yang memiliki opsi untuk memberikan bunga. CBDC shekel akan diimplementasikan dalam model dua tingkat, dengan pembayaran instan 24/7, dukungan multipembayaran, penggunaan offline, batasan saldo, dan opsi agar CBDC menjadi berbunga.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi