Bank Sentral Honduras Mulai Studi Awal untuk Peluncuran Mata Uang Digital (CBDC)!

Bank Sentral Honduras Mulai Studi Awal untuk Peluncuran Mata Uang Digital (CBDC)!

Bank Sentral Honduras (BCH) telah mengambil langkah penting menuju peluncuran mata uang digital bank sentral (CBDC) dengan memulai studi awal dan membuka konsultasi publik. Langkah ini merupakan bagian dari upaya bank untuk memodernisasi sistem keuangannya dan mengatasi tantangan yang ada dalam metode pembayaran. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Studi Awal untuk Menciptakan CBDC

bank central honduras
Sumber: Akun Twitter Bank Central Honduras

Dilansir dari Bitcoinist, studi awal ini diumumkan oleh Apex bank di platform X (dulu dikenal sebagai Twitter) dan bertujuan untuk mengembangkan dan meluncurkan CBDC.

Bank telah mengundang sektor yang berkepentingan, profesional, dan masyarakat umum untuk memberikan komentar dan wawasan tentang inisiatif revolusioner ini.

Konsultasi, yang dapat diakses melalui situs web resmi BCH, diumumkan setelah presentasi penelitian BCH tentang opsi pembayaran baru ke Meja Inovasi Keuangan (MIF). Platform ini mengumpulkan perwakilan dari sektor keuangan publik dan swasta, mendorong kolaborasi dan pemikiran inovatif.

Baca Juga: Dukungan Terbatas untuk CBDC di Industri Investasi Global, Apa Kata Survei CFA Institute?

Apa Tujuan Utama Studi?

Salah satu tujuan utama dari studi ini adalah eksplorasi solusi yang tidak hanya menangani inklusi keuangan tetapi juga tantangan saat ini yang dihadapi oleh Honduras, termasuk masalah interoperabilitas dan keterlambatan dalam pembayaran lintas batas.

Mengingat kekurangan dalam sistem pembayaran yang ada di negara tersebut, BCH mengidentifikasi penciptaan CBDC ritel sebagai solusi yang paling layak. Pendekatan ini sejalan dengan pandangan Bank for International Settlements (BIS) yang menyatakan bahwa uang bank sentral membentuk dasar yang kokoh untuk evolusi sistem moneter.

Baca Juga: India Memacu Revolusi Digital: Beberapa Bank dan Pelanggan Bergabung dalam Uji Coba CBDC

Sikap Bank Sentral Honduras Terhadap Bitcoin

sikap bank sentral honduras terhadap bitcoin
Sumber: Finbold

Sementara melakukan analisis mendalam tentang potensi peningkatan sistem pembayaran, studi BCH mengeksplorasi dunia cryptocurrency dan membandingkannya dengan CBDC sebagai opsi modernisasi potensial.

Menurut Bitcoinist, cryptocurrency tidak dianggap sebagai solusi yang layak karena kurangnya stabilitas, akuntabilitas, dan efisiensi, ditambah dengan biaya transaksi yang tinggi dan kecepatan pemrosesan yang lambat. Namun, studi tersebut mengakui bahwa aspek tertentu dari teknologi kriptokurensi dapat dimanfaatkan untuk inovasi keuangan.

Dengan memulai studi awal untuk peluncuran CBDC, Bank Sentral Honduras menunjukkan komitmennya untuk memodernisasi sistem keuangan negara tersebut. Meskipun bank sentral tetap skeptis terhadap kriptokurensi seperti Bitcoin, mereka tetap terbuka untuk memanfaatkan teknologi di baliknya untuk inovasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: