Bank Sentral Harus Pimpin Inovasi Mata Uang Digital? Ini Kata Manajer Umum BIS!

Bank Sentral Harus Pimpin Inovasi Mata Uang Digital? Ini Kata Manajer Umum BIS!

Manajer Umum Bank for International Settlements (BIS), Agustín Carstens, menyerukan kepada bank sentral di seluruh dunia untuk memimpin inovasi dalam pengembangan mata uang digital bank sentral (CBDC). Menurutnya, CBDC adalah elemen sentral dalam kepemimpinan inovasi bank sentral. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bank Sentral Harus Memimpin Inovasi CBDC

Carstens menekankan bahwa bank sentral memiliki tanggung jawab untuk menjaga langkah mereka sejalan dengan era digital dan memimpin inovasi. Dalam pidatonya di konferensi di Basel, Swiss, pada 8 November, Carstens menyebut CBDC sebagai “elemen sentral” dari kepemimpinan ini.

Dia juga membahas tantangan dan ancaman potensial dalam implementasi CBDC, termasuk variasi infrastruktur teknologi yang berbeda yang dimaksudkan oleh berbagai negara untuk proyek CBDC mereka. Selain itu, Carstens juga menyinggung risiko siber dan kemungkinan baru untuk “aktivitas kriminal oleh aktor yang tidak bermoral.”

Baca Juga: CBDC Amerika: Siapkah Kamu Untuk Mata Uang Digital Baru dalam 3-5 Tahun Mendatang?

CBDC Akan Menjadi Inti Sistem Keuangan Masa Depan

masa depan cbdc
Sumber: Elliptic

Carstens yakin bahwa CBDC akan menjadi inti dari sistem keuangan masa depan. Dia menekankan pentingnya keamanan siber dalam era digital di mana AI generatif dan komputasi kuantum dapat menimbulkan tantangan signifikan.

“Inovasi teknologi juga membuka kemungkinan baru untuk aktivitas kriminal oleh aktor yang tidak bermoral,” kata Carstens. Dia juga menekankan bahwa privasi adalah isu penting dalam desain CBDC, dan menjaga tingkat privasi yang tepat akan sangat penting untuk menerima penerimaan publik terhadap CBDC ritel.

Baca Juga: Mastercard Gandeng Ripple dan ConsenSys: Misi Baru untuk Revolusi CBDC!

CBDC Harus Dapat Diprogram

Menurut Carstens, masyarakat menginginkan CBDC yang dapat diprogram. “Pengguna semakin menuntut bentuk uang baru. Orang-orang ingin uang mereka digital dan dapat diprogram. Mereka ingin dapat mentransfernya melintasi perbatasan dengan cepat, murah, dan aman,” kata Carstens.

Dengan programmability, bank dan pemerintah dapat memprogram CBDC untuk membatasi pembelian yang tidak diinginkan, menetapkan tanggal kedaluwarsa, dan menentukan di mana transaksi dapat dilakukan.

Meski ada tantangan hukum, Carstens yakin bahwa CBDC akan menjadi inti dari sistem keuangan masa depan. Dia berjanji bahwa BIS akan mendukung bank sentral dalam upaya mereka untuk beralih ke digital, terutama melalui BIS Innovation Hub dan Cyber Resilience Coordination Centre.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: