Bank Sentral Menghadapi Tantangan Baru dalam Mencapai Inklusivitas CBDC, Apakah Kamu Siap?

Bank Sentral Menghadapi Tantangan Baru dalam Mencapai Inklusivitas CBDC, Apakah Kamu Siap?

Bank sentral di seluruh dunia tengah berupaya keras untuk menciptakan mata uang digital bank sentral (CBDC) yang inklusif. Namun, mereka menghadapi tantangan yang tidak biasa dan non-tradisional dalam prosesnya. Apakah kamu siap untuk memasuki era baru ini?

Inklusivitas Keuangan, Digital, dan Aksesibilitas Praktis

inklusivitas keuangan
Elemen-elemen inklusi keuangan. Sumber: Bank of Canada

Sebuah penelitian oleh Bank of Canada menunjukkan bahwa ada tiga jenis inklusivitas yang diperlukan untuk metode pembayaran yang dapat diakses oleh semua orang: inklusivitas keuangan, digital, dan aksesibilitas praktis.

Lembaga keuangan swasta mungkin tidak memiliki motivasi untuk memenuhi kebutuhan mereka yang kurang melayani. Jika ketiga aspek aksesibilitas ini diabaikan, individu yang menghadapi tantangan dalam satu jenis inklusivitas mungkin akan mengalami kerugian yang sama jika CBDC diperkenalkan.

Baca Juga: Mastercard Gandeng Ripple dan ConsenSys: Misi Baru untuk Revolusi CBDC!

Tantangan dalam Menggunakan Teknologi Digital

Literasi keuangan dan kemudahan penggunaan juga menjadi perhatian utama. Misalnya, pemuda dari First Nations cenderung memiliki akses digital tetapi kurang mahir dalam menggunakan teknologi digital dibandingkan dengan rekan-rekan non-Indigenous mereka.

Beban kognitif – tingkat kesulitan dalam menggunakan teknologi keuangan digital – dan masalah kegunaan lainnya adalah hambatan potensial untuk aksesibilitas yang mungkin akan meningkat seiring bertambahnya usia populasi.

Baca Juga: Dukungan Terbatas untuk CBDC di Industri Investasi Global, Apa Kata Survei CFA Institute?

Tantangan dalam Penyampaian Layanan

bank of canada cbdc
Sumber: Akun X Bank of Canada

Tantangan utama terletak pada penyampaian layanan, bukan pada sifat CBDC itu sendiri. Untuk mengatasi tantangan ini, bank sentral harus menghadapi masalah yang seharusnya dianggap jauh di luar cakupan minat mereka.

Penelitian ini mengevaluasi kebutuhan segmen tertentu dari populasi Kanada. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa sebagian besar orang Kanada memiliki sedikit alasan untuk menggunakan CBDC karena tingkat aksesibilitas layanan keuangan yang tinggi di negara tersebut.

Mengingat tantangan yang dihadapi oleh bank sentral dalam menciptakan CBDC yang inklusif, pertanyaannya adalah, apakah Anda siap untuk memasuki era baru ini? Era di mana teknologi digital dan crypto menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: