Bank Sentral Australia Selesaikan Uji Coba CBDC, Inilah 4 Temuan Utamanya!

Bank Sentral Australia Selesaikan Uji Coba CBDC, Inilah 4 Temuan Utamanya!

Bank Sentral Australia baru saja menyelesaikan uji coba mata uang digital bank sentral (CBDC) untuk potensi e-AUD. Hasil dari uji coba ini menunjukkan bahwa CBDC memiliki potensi di empat area utama, termasuk memungkinkan pembayaran yang kompleks dan tokenisasi aset. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Temuan Utama dari Uji Coba CBDC

uji coba cbdc australia
Sumber: Akun Twitter Reserve Bank of Australia

Dilanis dari Cointelegraph, uji coba ini menemukan empat area utama di mana CBDC dapat memberikan manfaat signifikan. Salah satunya adalah memungkinkan pembayaran yang lebih “cerdas”, di mana CBDC yang ditokenkan memungkinkan berbagai pengaturan pembayaran kompleks yang saat ini tidak didukung oleh sistem pembayaran yang ada.

Selain itu, laporan tersebut juga menunjukkan bahwa CBDC dapat mendukung inovasi di pasar keuangan, seperti pasar sekuritas utang, mendorong inovasi di sektor uang digital swasta yang sedang muncul, dan meningkatkan ketahanan serta inklusi dalam ekonomi digital yang lebih luas.

Baca Juga: Australia Siap Luncurkan ETF Bitcoin Spot Pertama, Monochrome Memimpin Langkah!

Struktur dan Tantangan dari Uji Coba CBDC

struktur dan tantangan uji coba cbdc
Uji coba ini menemukan bahwa CBDC dapat berguna dalam empat area utama, termasuk untuk beberapa pembayaran dan tokenisasi aset. Sumber: RBA

Program uji coba CBDC dirancang sebagai klaim hukum nyata pada RBA, bukan sebagai bukti konsep. Hal ini menyebabkan ketidakpastian mengenai status hukum dan perlakuan regulasi dari CBDC tersebut di mata peserta.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa beberapa peserta merasa tidak yakin apakah mereka menyediakan layanan penyimpanan atau berurusan dengan produk keuangan yang diatur karena memiliki atau berurusan dengan CBDC dalam uji coba. Isu-isu ini idealnya akan diantisipasi dan diselesaikan dalam setiap reformasi hukum dan regulasi yang menyertai penerbitan CBDC.

Temuan dari uji coba CBDC oleh Bank Sentral Australia menunjukkan potensi besar dari mata uang digital ini dalam meningkatkan ekosistem pembayaran dan ekonomi digital. Dengan adanya temuan ini, kita dapat mengantisipasi perkembangan lebih lanjut mengenai CBDC di Australia dan di seluruh dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: