Bank Rusia Luncurkan Logo CBDC-nya dan Transaksi Gratis Hingga 2025!

author:

Bank Rusia Luncurkan Logo CBDC-nya dan Transaksi Gratis Hingga 2025!

Bank Rusia telah mengumumkan peluncuran logo resmi untuk inisiatif CBDC yang sedang dikembangkan di negara tersebut. Selain itu, bank sentral juga telah merilis tarif komisi untuk transaksi CBDC, yang diharapkan akan meningkat di atas nol pada tahun 2025.

Peluncuran Logo Resmi Rubel Digital

logo cbdc rusia
Sumber: RT

Bank Rusia, dalam upayanya untuk memodernisasi mata uang dan memasuki era digital, telah merancang logo untuk rubel digital dengan cermat. Logo tersebut tidak hanya mewakili identitas baru dari mata uang digital Rusia tetapi juga mencerminkan warisan dan kebanggaan nasional. Dengan menggunakan tanda rubel global yang dikenal luas sebagai simbol mata uang Rusia, logo tersebut ditempatkan di dalam lingkaran, memberikan kesan kesatuan dan keabadian.

Baca juga: Rusia Siap Uji Coba Rubel Digital, Langkah Strategis di Tengah Krisis Ekonomi!

Skema warna yang dipilih untuk logo ini juga memiliki makna khusus. Empat kombinasi warna yang berbeda mencerminkan dinamika, keberagaman, dan fleksibilitas dari rubel digital. Merah, misalnya, sering kali diasosiasikan dengan keberanian dan kekuatan, sementara hitam melambangkan ketegasan dan keandalan. Kombinasi warna ini tidak hanya menarik secara visual tetapi juga menciptakan identitas yang kuat untuk rubel digital di mata publik.

Pengenalan logo ini diharapkan meningkatkan kesadaran dan penerimaan publik terhadap rubel digital. Dengan identitas visual yang kuat, Bank Rusia berharap masyarakat akan lebih mudah mengenali dan memahami rubel digital, memfasilitasi adopsi yang lebih cepat dan luas di seluruh negara.

Tarif Komisi untuk Transaksi CBDC

Selain memperkenalkan logo, bank Rusia juga memperkenalkan tarif komisi untuk beberapa transaksi CBDC. Semua layanan akan disediakan tanpa biaya hingga akhir tahun 2024. Namun, setelah tahun 2025, bisnis dan badan hukum yang bertransaksi dengan mata uang digital Bank Sentral (CBDC) akan dikenakan sedikit biaya untuk penggunaannya.

Bagian dari pernyataan itu berbunyi:

“Tarif untuk bisnis yang menerima pembayaran barang dan jasa dalam rubel digital adalah 0,3% dari jumlah pembayaran (tetapi tidak lebih dari ₽1.500).”

Selain itu, 0,3% dari total nilai transaksi akan dikenakan saat orang mentransfer uang ke akun komersial atau membayar layanan pemerintah.

Baca juga: Masuki Babak Baru, Parlemen Rusia Sahkan UU Mata Uang Rubel Digital

Peluncuran dan Penerapan Rubel Digital

Putin Dukung Pembayaran Berbasis Blockchain, Alasannya Tak Terduga?
Euronews

Pada tanggal 24 Juli 2023, RUU rubel digital ditandatangani menjadi undang-undang oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin. Dengan kelompok uji coba dari 13 bank lokal, CBDC dijadwalkan mulai beroperasi pada tanggal 1 Agustus 2023.

Gubernur Bank Rusia, Elvira Nabiullina, baru-baru ini menjelaskan bahwa CBDC akan berfungsi bersama dengan rubel tunai dan non-tunai, yang berarti warga negara tidak akan dipaksa untuk menggunakan CBDC. Olga Skorobogatova, wakil gubernur Bank Rusia, mengatakan bahwa penggunaan rubel digital secara luas di Rusia tidak diharapkan hingga tahun 2025 atau 2027.

Pada akhirnya, dengan peluncuran logo rubel digital dan penawaran transaksi gratis hingga tahun 2025, Bank Rusia tampaknya berupaya memotivasi warga Rusia untuk menggunakan mata uang digital nasional.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: