Pemimpin Bank Sentral Prancis Sebut CBDC adalah Kunci Masa Depan Sistem Moneter Global

author:

Array

Pemimpin Bank Sentral Prancis Sebut CBDC adalah Kunci Masa Depan Sistem Moneter Global

Pemimpin bank sentral Prancis, Banque de France, baru-baru ini menyoroti potensi revolusioner dari mata uang digital bank sentral atau central bank digital currency (CBDC). Menurut mereka, CBDC bisa menjadi fondasi bagi sistem moneter internasional yang baru.

CBDC: Katalisator Pembayaran Lintas Batas

Denis Beau – Sumber: Delano

Denis Beau, Deputi Gubernur Pertama Banque de France, pada 3 Oktober 2023 lalu, menyebut CBDC sebagai “katalisator untuk meningkatkan pembayaran lintas batas dengan memungkinkan pembentukan sistem moneter internasional baru.”

Beau menekankan pentingnya mempertimbangkan isu lintas batas sejak awal dalam pengembangan CBDC, bukan sebagai pemikiran tambahan. Beau melihat beberapa jalur untuk pengembangan CBDC.

Jalur pertama adalah pengembangan standar umum dan interoperabilitas antara CBDC grosir dan sistem lama. Jalur kedua, yang dipromosikan oleh Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank for International Settlements (BIS), adalah pengembangan platform CBDC regional atau global.

Baca juga: Berkolaborasi dengan Banyak Pihak, Bank of Korea Siap Uji Coba Mata Uang Digital (CBDC)

CBDC grosir bisa distandarisasi untuk ditukar langsung di platform ini dan melakukan transaksi pembayaran versus pembayaran dan pengiriman versus pembayaran.

Proyek Mariana dan Tokenisasi Keuangan

Lebih lanjut, Beau mengutip contoh Proyek Mariana, yang mengeksplorasi kemungkinan pembuat pasar otomatis (automated market maker atau AMM). Proyek yang melibatkan Banque de France, Otoritas Moneter Singapura, dan Bank Nasional Swiss ini berhasil diselesaikan pada akhir September.

Beau tidak hanya berbicara tentang CBDC, tetapi juga tentang tokenisasi keuangan. Dia mengungkapkan keyakinannya bahwa sektor publik harus mendukung sektor swasta lebih banyak untuk memungkinkan potensi penuh blockchain sambil membatasi risiko.

Menurutnya, “ketersediaan uang bank sentral yang ditokenisasi” dan aset yang ditokenisasi adalah sekutu, bukan pesaing.

Dengan kata lain, pandangan Beau menunjukkan bahwa CBDC dan tokenisasi keuangan dapat berjalan beriringan dalam membentuk sistem moneter masa depan. Dengan dukungan yang tepat dari sektor publik, teknologi blockchain dan CBDC dapat dimanfaatkan untuk menciptakan sistem pembayaran yang lebih efisien dan inklusif.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Array