Melangkah Lebih Dekat ke CBDC, Inggris Ambil Langkah Besar Pasca-Proyek Rosalind!

Melangkah Lebih Dekat ke CBDC, Inggris Ambil Langkah Besar Pasca-Proyek Rosalind!

Bank of England, bank sentral Inggris, tampaknya semakin dekat dengan peluncuran mata uang digital sentralnya (CBDC) yang disebut sebagai “Britcoin”, setelah suksesnya uji coba Proyek Rosalind. Inisiatif ini menandakan kemajuan signifikan dalam ambisi Inggris untuk memasuki era keuangan digital. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Proyek Rosalind: Langkah Awal ke Era CBDC

proyek rosalind
Ringkasan API CBDC Proyek Rosalind. Sumber: BIS

Dilansir dari Cointelegraph, proyek Rosalind adalah inisiatif penting yang telah menguji coba berbagai aspek teknis dan operasional dari potensi CBDC.

Proyek ini telah berhasil menyelesaikan uji coba dan tampaknya membuka jalan bagi peluncuran CBDC di Inggris.

Uji coba tersebut menghasilkan sejumlah temuan penting yang membantu Bank of England merumuskan rencana pengimplementasian CBDC.

Baca Juga: Disambut Baik, Bagaimana Isi Kerangka Regulasi Crypto di Inggris?

Apa Arti CBDC bagi Inggris?

Peluncuran CBDC oleh Bank of England dapat merubah peta keuangan Inggris. CBDC berpotensi untuk meningkatkan efisiensi sistem pembayaran, mengurangi risiko kegagalan sistem dan memperluas akses keuangan untuk semua orang.

Dalam era di mana mata uang digital menjadi semakin penting, langkah ini dapat memastikan Inggris tetap berada di garis depan inovasi keuangan.

Baca juga: Blockchain Berpotensi Tingkatkan Ekonomi Inggris Sebesar £1,4 Triliun!

Tantangan dan Peluang CBDC

tantangan dan peluang cbdc
Sumber: Akun Twitter Bank for International Settlements

Meskipun CBDC menawarkan banyak keuntungan, ada juga tantangan yang perlu diatasi. Ini termasuk pertanyaan tentang privasi, keamanan, dan dampak potensial pada stabilitas keuangan. Namun, dengan pendekatan yang tepat dan peraturan yang efektif, CBDC dapat memberikan peluang besar untuk Inggris dan penduduknya.

Kesuksesan Proyek Rosalind membawa Inggris semakin dekat dengan peluncuran CBDC. Dengan tantangan dan peluang yang ada, langkah ini bisa menjadi momen penting dalam sejarah keuangan Inggris.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: