Kanada Luncurkan Konsultasi Publik CBDC, Untuk Apa?

Kanada Luncurkan Konsultasi Publik CBDC, Untuk Apa?

Pada 8 Mei 2023, melalui website resminya, Bank of Canada baru saja meluncurkan konsultasi publik mengenai mata uang digital bank sentral (CBDC). Langkah ini menandai langkah besar dalam upaya Kanada untuk mengadopsi teknologi blockchain dan melibatkan warganya dalam proses pengambilan keputusan.

Mari kita telusuri dampak potensial dari CBDC ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Konsultasi Publik CBDC dan Dampaknya

Dilansir dari Cryptoslate, Bank of Canada menyadari pentingnya melibatkan masyarakat dalam perencanaan dan pengembangan CBDC mereka. Oleh karena itu, mereka telah meluncurkan konsultasi publik untuk mengumpulkan masukan dari warga Kanada mengenai mata uang digital bank sentral.

Konsultasi ini akan membantu pemerintah Kanada menentukan fitur dan kebijakan yang harus diintegrasikan ke dalam CBDC mereka. Dengan melibatkan warganya dalam proses ini, Kanada memastikan bahwa CBDC akan dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi masyarakat.

Baca Juga: Nigeria Beralih ke Blockchain, Pengaruh Besar untuk Identitas Digital!

Implikasi Ekonomi dari CBDC Kanada

cbdc kanada
Sumber: PYMNTS

Penerapan konsultasi publik tersebut akan membawa berbagai implikasi ekonomi bagi Kanada. CBDC ini akan membantu meningkatkan efisiensi sistem pembayaran dan mengurangi biaya transaksi, sehingga menguntungkan baik konsumen maupun bisnis.

Selain itu, CBDC juga dapat membantu melawan pencucian uang (Money Laundering) dan pendanaan terorisme dengan memastikan transparansi dalam sistem keuangan. Dengan sistem yang lebih aman dan terpercaya, Kanada berpeluang untuk memperkuat ekonomi digitalnya.

Baca Juga: Musuh Bebuyutan, China Berusaha Kembangkan Teknologi AI tanpa Chip Amerika

Pengaruh CBDC Kanada pada Industri Crypto

Peluncuran CBDC Kanada dapat mempengaruhi industri crypto di Kanada dan di seluruh dunia. CBDC ini dapat membantu mempercepat adopsi teknologi blockchain dan crypto, karena akan menarik perhatian lebih banyak orang terhadap teknologi ini.

Namun, CBDC juga dapat menimbulkan persaingan bagi cryptocurrency yang sudah ada, seperti Bitcoin dan Ethereum. Efek jangka panjang dari CBDC ini pada industri crypto akan tergantung pada bagaimana pemerintah Kanada mengatur dan mengintegrasikan CBDC ini ke dalam sistem keuangan mereka.

Konsultasi publik CBDC menandai langkah penting dalam upaya Kanada untuk mengadopsi teknologi blockchain dan menciptakan ekonomi digital yang inklusif. Dengan melibatkan warganya dalam proses pengambilan keputusan, Kanada memastikan bahwa CBDC ini akan dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi masyarakat. Hasil dari konsultasi ini akan menentukan arah CBDC dan dampaknya pada ekonomi dan industri crypto.

Referensi: