Terobosan Baru di Dunia Keuangan: Bank-Bank Nigeria Luncurkan Stablecoin cNGN!

author:

Terobosan Baru di Dunia Keuangan: Bank-Bank Nigeria Luncurkan Stablecoin cNGN!

Dalam perkembangan terbaru yang mengejutkan industri keuangan, bank-bank terkemuka di Nigeria berkolaborasi untuk meluncurkan stablecoin baru yang diberi nama cNGN. Stablecoin ini dirancang untuk memberikan manfaat bagi pemegang token dan perekonomian Nigeria.

Dengan dukungan penuh terhadap mata uang Naira, cNGN diharapkan dapat memudahkan transaksi global dan memperluas penggunaannya di luar negeri.

Kolaborasi Bank-Bank Terkemuka

bank nigeria kolaborasi untuk cngn
Sumber: Unlock Blockchain

Sejumlah bank terkemuka di Nigeria, termasuk Access Bank, Sterling Bank, Providus, Korapay, First Bank, Interstellar, Interswitch, Budpay, dan Convexity, telah bergabung dalam inisiatif besar untuk menciptakan cNGN.

Baca juga: Kebijakan Baru Nigeria: Kini CBN Buka Pintu untuk Transaksi Crypto!

Stablecoin ini akan dioperasikan oleh konsorsium bank-bank tersebut dan diatur sesuai dengan peraturan yang berlaku. Stablecoin cNGN ini akan dibangun di atas blockchain publik seperti Bantu, Polygon, Ethereum, BNB Smart Chain, dan Tron.

Hal ini memungkinkan cNGN untuk beroperasi secara lintas platform, memudahkan transfer dana secara internasional, dan meningkatkan interoperabilitas dengan berbagai mata uang digital lainnya.

Stablecoin cNGN vs eNaira

cbdc nigeria enaira nfc
Sumber: Naijnaira

Meskipun cNGN dan eNaira sama-sama didukung oleh Naira, cNGN berbeda dari eNaira yang merupakan mata uang digital resmi yang dikeluarkan oleh Bank Sentral Nigeria (CBN). cNGN dirancang untuk melengkapi eNaira, bukan menggantikannya, dengan fokus pada penggunaan teknologi blockchain publik.

Baca juga: Terobosan Baru! China Gunakan Yuan Digital untuk Transaksi Emas Lintas Negara

CBN telah memberikan izin kepada bank-bank Nigeria untuk mengembangkan cNGN meskipun institusi keuangan tersebut masih dilarang untuk memegang, berdagang, atau bertransaksi dengan aset crypto dari rekening mereka sendiri. Langkah ini diambil untuk mendorong adopsi teknologi blockchain dan memfasilitasi inovasi di sektor keuangan.

Secara keseluruhan, inisiatif cNGN ini menandai babak baru dalam dunia keuangan digital di Nigeria, dengan harapan dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi negara. Dengan dukungan penuh dari bank-bank besar dan teknologi blockchain yang canggih, cNGN diharapkan dapat menjadi alat pembayaran yang stabil dan dapat diandalkan, baik di dalam maupun luar negeri.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: