Bank of Korea Pilih 3 Kota Ini untuk Uji Coba CBDC-nya, Apa Saja?

author:

Bank of Korea Pilih 3 Kota Ini untuk Uji Coba CBDC-nya, Apa Saja?

Bank of Korea baru-baru ini mengumumkan rencana ambisiusnya untuk menguji coba mata uang digital bank sentral (CBDC) di tiga wilayah, melewati ibu kota negara, Seoul. Wilayah yang dipilih untuk “tempat uji coba CBDC target pribadi” adalah Jeju, Busan, dan Incheon, yang akan menjadi lahan percobaan untuk mata uang digital baru ini.

Tujuan utama dari program pilot tersebut adalah untuk mengeksplorasi praktikalitas dan kelayakan penggunaan CBDC dalam skenario dunia nyata.

Jeju, Busan, dan Incheon: Pusat Percobaan CBDC

bank sentral korea selatan cbdc

Bank of Korea berencana untuk memilih salah satu dari tiga wilayah ini untuk implementasi skala penuh sambil melakukan eksperimen tingkat publik dengan pembayaran dan distribusi. Tujuannya adalah untuk mengamankan waralaba dan bisnis yang akan mampu menerima pembayaran melalui CBDC.

Baca juga: Bank-Bank Top Korea Selatan Teliti Alternatif Stablecoin dan CBDC!

Sebuah fitur penting dari uji coba CBDC adalah inklusivitasnya. Bank of Korea berencana untuk mengembangkan aplikasi dompet elektronik CBDC yang ramah pengguna yang akan memungkinkan tidak hanya penduduk lokal tetapi juga turis untuk berpartisipasi dalam ekosistem mata uang digital.

Dalam hal proses seleksi, Bank of Korea mempertimbangkan beberapa faktor sebelum menentukan wilayah untuk uji coba. Jeju, dengan populasi terbesar kedua, dipilih daripada Busan karena jumlah warga yang memenuhi syarat di Busan yang cukup besar, yang bisa menimbulkan tantangan logistik.

Memanfaatkan Skema Mata Uang Lokal untuk Integrasi yang Lancar

Bank of Korea telah mengambil inspirasi dari skema mata uang lokal yang diimplementasikan selama pandemi COVID-19 sebagai solusi pembayaran bantuan dan pendapatan dasar. Jeju, Busan, dan Incheon saat ini menerbitkan dan mendistribusikan mata uang lokal mereka sendiri, yaitu ‘Tamranjeon,’ ‘Dongbaekjeon,’ dan ‘Incheon e-Eum,’ masing-masing.

Dibandingkan dengan CBDC, skema mata uang lokal memiliki lebih sedikit “hambatan teknis,” menjadikannya titik awal yang cocok untuk pengujian dan eksperimen. Tes tertutup regional dari CBDC diharapkan mirip dengan penerbitan dan distribusi skema mata uang lokal saat ini yang ada di berbagai wilayah di Korea Selatan.

Pendekatan ini akan memastikan transisi yang lancar dan pemahaman yang lebih baik tentang dampak CBDC pada ekonomi lokal. Selain itu, beberapa bank komersial di Korea Selatan telah mengeksplorasi stablecoin sebagai alternatif potensial untuk CBDC untuk meningkatkan efisiensi.

Baca juga: Revolusioner! Shanghai China Berencana Bangun Infrastruktur Blockchain Digital

Seiring Bank of Korea melanjutkan program uji coba CBDC-nya, kolaborasi antara sektor publik dan swasta akan sangat penting. Dengan memupuk kemitraan dengan bisnis lokal dan lembaga keuangan, bank dapat menciptakan ekosistem yang kuat yang mendorong penggunaan CBDC secara luas.

Secara keseluruhan, inisiatif Bank of Korea untuk mengeksplorasi implementasi CBDC melalui program uji coba regional mewakili langkah penting menuju modernisasi sistem pembayaran negara. Dengan mata uang digital semakin mendapatkan traksi di seluruh dunia, implementasi sukses CBDC bisa menempatkan Korea Selatan di garis depan lanskap teknologi keuangan global.

Keberhasilan program uji coba ini akan bergantung pada berbagai faktor, termasuk ketahanan teknologi, penerimaan publik, dan dukungan regulasi. Dengan Jeju, Busan, dan Incheon memimpin jalan, Korea Selatan siap untuk mengambil langkah besar dalam membentuk masa depan pembayaran digital melalui mata uang digital bank sentralnya.

Dengan Jeju, Busan, dan Incheon yang memimpin jalan, Korea Selatan siap untuk mengambil langkah besar dalam membentuk masa depan pembayaran digital melalui mata uang digital bank sentralnya. Inisiatif ini menunjukkan komitmen kuat Korea Selatan untuk memanfaatkan teknologi blockchain dalam sistem pembayaran masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: