Bank di Singapura Kembangkan Platform DeFi, Bank Tradisional Mulai Ketinggalan Jaman?

Bank di Singapura Kembangkan Platform DeFi, Bank Tradisional Mulai Ketinggalan Jaman?

Kini, bank juga ikut terjun ke dunia crypto, lho!

Perkenalkan, ini dia proyek DAMA yang merupakan sistem akses manajemen aset digital baru untuk bertransaksi sekuritas tokenized.

Menurut sebuah laporan pada 21 Februari 2023 yang lalu, Deutsche Bank Singapore dan Memento Blockchain telah berhasil menyelesaikan tahap pembuktian konsep Proyek DAMA (Digital Assets Management Access).

Apa sih sebenarnya keuntungan bank terjun ke dunia crypto bagi bank dan pelanggannya?

Simak informasi selengkapnya seperti dilansir laman The Bit Times berikut ini.

Deutsche Bank Singapore Rilis Soulbound Token untuk Layanannya

Proyek DAMA dirancang untuk memfasilitasi pengelolaan dana digital yang berinvestasi dalam sekuritas tokenized. Menurut sebuah laporan, manajer aset dapat membuat dana aset digital dengan token soulbound sendiri dan meluncurkan on-ramp fiat-to-digital langsung untuk pengguna.

Investor institusi kemudian dapat berlangganan untuk gunakan dana tersebut melalui percetakan token dengan memanfaatkan decentralized exchange aggregator atau melalui built-in marketplace.

Bank tradisional tertarik kembangkan platform crypto bukan lagi sebuah berita yang aneh.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Pengawasan Perbankan Komite Basel menemukan bahwa faktanya bank-bank besar di dunia memiliki aset crypto sejumlah 9,4 miliar euro (US$9 miliar).

Wow banyak banget, ya!

Kira-kira bank-bank besar ini mayoritas miliki aset crypto jenis apa sih? Simak informasi selengkapnya mengenai Bank di Seluruh Dunia Miliki Aset Crypto 9,4 Miliar Euro di sini.

Mengapa Deutsche Bank Singapore Memilih SBT?

Mengapa Deutsche Bank Singapore Memilih SBT?
CoinDesk

CoinDesk

Lalu tahapan apa saja yang harus dilakukan bank untuk mengaplikasikan teknologi crypto dalam layanannya?

Sebagai langkah pertama, Deutsche Bank dan Memento Blockchain perlu menciptakan platform decentralized finance (DeFi) di Ethereum (ETH) dan soulbound token (SBT) yang unik dan tidak dapat dialihkan.

SBT ini punya banyak banget kegunaan, lho!

Dengan menggunakan SBT, developer platform kemudian dapat memverifikasi identitas pemilik wallet dan memberi mereka akses ke peluang investasi tanpa memerlukan informasi pribadi mereka setiap saat.

Baca Juga: Makin Kepincut Crypto! Bank Swasta Terbesar Rusia Luncurkan Platform Crypto

Sementara itu, trust anchor membuat pemeriksaan know-your-customer (KYC) dan dokumen yang menyertainya secara off-chain. SBT juga dapat digunakan untuk membatasi akses ke layanan atau produk yang tidak sesuai dengan toleransi atau pengalaman risiko pengguna yang mendasarinya.

Bank jadi semakin aman, pelanggan pun jadi semakin senang!

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: