Makin Dirangkul, Bank Tertua di Brasil Izinkan Warga Bayar Pajak Pakai Crypto?

author:

Makin Dirangkul, Bank Tertua di Brasil Izinkan Warga Bayar Pajak Pakai Crypto?

Dilansir dari Bitcoinist (12/2/23), salah satu bank tertua di Brasil, yakni Bank of Brazil atau Banco do Brasil, telah mengumumkan bahwa warga negara Brasil sekarang dapat membayar pajak mereka dengan mata uang crypto. Wih! Baca selengkapnya di bawah ini.

Kerja sama Banco do Brasil

Brasil Izinkan Warga Bayar Pajak Pakai Crypto

Menurut sebuah posting di situs web resmi Banco do Brasil, bank tertua di Brasil, menyatakan bahwa pengembangan keuangan ini (membayar pajak dengan mata uang crypto) dapat terjadi melalui kerja samanya dengan Bitfy, sebuah perusahaan solusi blockchain yang populer dengan investasi di Program Modal Ventura Perusahaan (CVC) Bank of Brazil.

Melalui kolaborasi ini, warga Brasil yang memiliki mata uang crypto di Bitfy kini dapat dengan mudah membayar pajak, biaya, dan kewajiban pemerintah lainnya dengan menggunakan aset mereka. Mekanisme di balik layanan ini mirip dengan pelanggan yang membayar tiket dengan memindai barcode. Dengan menggunakan aplikasi Bitfy, pembayar pajak hanya perlu memilih mata uang crypto yang mereka inginkan untuk pembayaran, kemudian memindai barcode sebelum melanjutkan untuk mengonfirmasi pembayaran.

Bank of Brazil Semakin Terdepan?

Mengutip dari laporan Bitcoinist, pengenalan teknologi ini semakin mengukuhkan posisi Bank of Brazil sebagai Bank yang memberikan solusi keuangan modern. Selain menyediakan metode pembayaran pajak yang nyaman dan mudah diakses oleh masyarakat, keberhasilan adopsi inisiatif ini dapat mengubah lanskap perbankan ke depannya.

Tak hanya itu, kontrak Bank of Brazil dengan Bitfy juga memungkinkan semua mitra fintech, lembaga keuangan dari bank milik negara untuk memperluas opsi pembayaran pajak yang serupa kepada pelanggan mereka.

Mengomentari perkembangan yang menarik ini, pendiri dan CEO Bitfy mengatakan,

“Ekonomi digital baru adalah katalisator untuk masa depan yang penuh dengan keuntungan. Kemitraan ini memungkinkan untuk memperluas penggunaan dan akses ke ekosistem aset digital dengan cakupan nasional dan dengan jaminan keamanan dan keandalan Banco do Brasil.”

Menariknya lagi, Bank of Brazil telah menjadi populer karena keterlibatannya yang ramah terhadap crypto. Seperti pada April 2021 lalu, Bank of Brazil menjadi bank milik negara pertama di Brasil yang menawarkan pelanggannya eksposur ke dana yang diperdagangkan di bursa crypto atau exchange-traded fund (ETF).

Baca juga: Pemerintahnya Anti-Crypto, Thailand Malah Disebut Jadi Pusat Crypto Asia Berikutnya?

Perkembangan Cryptocurrency di Brasil

Rio de Janeiro Brasil Akui Pembayaran Crypto
Bitcoinist

Hingga detik ini, Republik Federasi Brasil secara luas dianggap sebagai salah satu negara yang paling ramah terhadap mata uang crypto di dunia, dengan peraturan dan kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan adopsi mata uang crypto serta aset digital lainnya, menurut laporan Bitcoinist.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Brazilian Tax Authority (RFB) pada Agustus 2022, terdapat lebih dari 12.000 perusahaan di Brasil mengaku menyimpan aset crypto sebagai bagian dari perbendaharaan aset mereka pada saat itu.

Berangkat dari kepopuleran crypto di negera tersebut, pada bulan Desember 2022 lalu, Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, telah menandatangani sebuah undang-undang yang menyediakan kerangka kerja regulasi yang komprehensif untuk penggunaan dan perdagangan mata uang crypto di negara tersebut. Di bawah peraturan baru ini, pemerintah Brasil mengesahkan mata uang crypto sebagai alat pembayaran atau aset investasi di negara Amerika Latin tersebut. Baca selengkapnya di Sebelum Lengser, Presiden Brasil Sahkan Crypto Sebagai Alat Pembayaran!

Meskipun undang-undang tersebut tidak memberikan status “alat pembayaran yang sah” pada mata uang crypto, pengakuan aset digital oleh hukum negara ini secara signifikan akan memacu adopsi ke tingkat yang lebih tinggi.

Selain pemerintah Brasil, beberapa lembaga keuangan seperti Bank of Brazil juga telah menunjukkan minat yang tinggi terhadap mata uang crypto dalam beberapa tahun terakhir. Dalam catatan sebuah laporan, perusahaan perbankan Brasil telah menawarkan jumlah ETF tertinggi di Amerika Latin.


Referensi: