Bank-Bank Besar Dunia Mulai Lirik Layanan Crypto, Indonesia Kapan?

Bank-Bank Besar Dunia Mulai Lirik Layanan Crypto, Indonesia Kapan?

Dalam dunia yang semakin digital, bank-bank besar dunia mulai melirik layanan crypto sebagai bagian dari layanan mereka. Standard Chartered dan Dukascopy Bank adalah 2 contoh terbaru dari bank-bank yang mulai merambah dunia crypto.

Standard Chartered: Memilih Dubai Sebagai Basis Layanan Crypto

Standard Chartered, bank yang berbasis di London, memilih Dubai sebagai basis peluncuran layanan crypto mereka. Bank ini berencana untuk mulai menjaga Bitcoin (BTC) dan ether (ETH) untuk klien institusional mereka pada kuartal pertama 2024.

Menurut Waqar Chaudry, direktur eksekutif inovasi di Standard Chartered, adopsi crypto institusional memerlukan sejumlah pilar yang harus ada, termasuk mekanisme keamanan seputar regulasi crypto itu sendiri.

Baca Juga: Bank-Bank Top Korea Selatan Teliti Alternatif Stablecoin dan CBDC!

Standard Chartered memulai proses ini secara bertahap, dimulai di Dubai, tetapi dengan melihat kehadiran bank yang kuat di seluruh Asia, Afrika, dan Timur Tengah.

“Hal baiknya adalah DIFC Dubai International Financial Centre memungkinkan kami untuk menawarkan layanan di seluruh dunia, secara teknis,” kata Chaudry.

Dukascopy Bank: Menawarkan Produk Pinjaman Crypto

perusahaan crypto belanda
Sumber: Reuters

Sementara itu, Dukascopy Bank, bank online Swiss, telah memperkenalkan produk pinjaman baru yang memungkinkan pelanggan untuk meminjam dengan jaminan crypto mereka.

Solusi ini memungkinkan pengguna untuk menerima 50% dari nilai aset digital mereka dalam mata uang fiat sambil tetap mempertahankan investasi crypto asli mereka.

Untuk memanfaatkan fitur ini, pelanggan perlu membuka rekening bank multi-mata uang (MCA) dan mentransfer crypto yang ingin mereka gunakan.

Kemudian mereka dapat menemukan aset digital di bagian “Investments” dan memilih opsi “Crypto lending/borrowing“.

Bank ini mengatakan dalam siaran pers: “Di akun MCA kamu, kamu akan menemukan 50% dari nilai investasi pasar kamu dalam fiat.”

Paragraf Penutup

Dengan bank-bank besar dunia mulai merambah dunia crypto, pertanyaannya adalah kapan bank-bank di Indonesia akan mulai menawarkan layanan serupa? Hanya waktu yang akan menjawab pertanyaan ini. Namun, satu hal yang pasti, dunia crypto semakin mendapatkan tempat di dunia perbankan.

Baca Juga: Bank-bank di Jerman Mulai Menerima Crypto di Tengah Kabar Resesi

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi