Bank-Bank Besar AS Mulai Investasi Bitcoin Lewat ETF, Siapa Sajakah Mereka?

Bank-Bank Besar AS Mulai Investasi Bitcoin Lewat ETF, Siapa Sajakah Mereka?

Jakarta, Pintu News – Dalam perkembangan terbaru, dua bank besar Amerika Serikat, JPMorgan Chase dan Wells Fargo, telah mengungkapkan eksposur mereka terhadap Bitcoin melalui exchange-traded fund (ETF) Bitcoin spot dalam laporan 13F terbaru mereka. Langkah ini menandai semakin meningkatnya minat institusional terhadap aset kripto terkemuka tersebut. Simak berita lengkapnya disini!

JP Morgan Berinvestasi di Berbagai ETF Bitcoin

jpmorgan deposit token
Sumber: Coindesk

JPMorgan Chase, bank terbesar di Amerika Serikat, melaporkan kepemilikan saham senilai sekitar $760.000 di beberapa ETF Bitcoin. Investasi tersebut tersebar di beberapa ETF Bitcoin spot yang dikelola oleh perusahaan-perusahaan besar seperti BlackRock, Fidelity, Grayscale, dan Bitwise.

Dari total investasi tersebut, sebagian besar ditempatkan pada iShares Bitcoin Trust (IBIT) milik BlackRock, dengan nilai sekitar $470.000. JPMorgan juga memiliki saham di ProShares Bitcoin Strategy ETF (BITO), Fidelity’s Wise Origin Bitcoin Fund (FBTC), Grayscale Bitcoin Trust (GBTC), dan Bitwise Bitcoin ETF.

Baca Juga: ETF Bitcoin vs Emas: ETF Bitcoin Mengguncang Pasar, Apakah Akan Mengalahkan Emas?

Wells Fargo Juga Terlibat dalam Investasi ETF Bitcoin

Selain JPMorgan, Wells Fargo, bank terbesar ketiga di Amerika Serikat, juga mengungkapkan keterlibatannya dalam investasi ETF Bitcoin. Dalam laporan 13F-nya, Wells Fargo melaporkan investasi sebesar $141.817 di Grayscale Bitcoin Trust (GBTC).

Investasi Wells Fargo di GBTC menunjukkan bahwa bank-bank besar di Amerika Serikat mulai melihat potensi aset kripto sebagai bagian dari portofolio investasi mereka. Meskipun jumlah investasi yang dilaporkan masih relatif kecil, namun langkah ini menandakan adanya perubahan pandangan terhadap Bitcoin dan aset kripto lainnya.

Baca Juga: ETF Bitcoin Spot Catat ATH Baru $680 Juta, Seiring Kenaikan Harga BTC!

Tren Investasi Institusional ke ETF Bitcoin Meningkat

wells fargo
Sumber: Watcher Guru

Pengungkapan investasi ETF Bitcoin oleh JPMorgan dan Wells Fargo menunjukkan tren yang semakin meningkat di kalangan institusi keuangan tradisional untuk terlibat dalam pasar aset kripto. Meskipun eksposur yang dilaporkan masih tergolong kecil, namun hal ini menjadi sinyal positif bagi pertumbuhan dan legitimasi aset kripto di mata investor institusional.

Selain JPMorgan dan Wells Fargo, beberapa bank besar lainnya seperti Morgan Stanley dan UBS juga telah menunjukkan minat untuk memungkinkan klien mereka berinvestasi di ETF Bitcoin. Hal ini menunjukkan bahwa tren aliran institusional ke ETF Bitcoin diperkirakan akan terus tumbuh, dengan semakin banyak investor yang canggih memasuki sektor ini.

Baca Juga: ETF Bitcoin Pertama di AS Resmi Diluncurkan, Mengapa Ini Begitu Penting?

Perusahaan Lain yang Berinvestasi di ETF Bitcoin

Selain bank-bank besar, beberapa perusahaan lain juga telah mengungkapkan investasi mereka di ETF Bitcoin. Chicago-based hedge fund CTC Alternative Strategies, misalnya, melaporkan kepemilikan saham di ProShares Bitcoin Strategy ETF (BITO) dan Valkyrie Bitcoin Strategy ETF (BTF).

Perusahaan-perusahaan lain yang juga terlibat dalam investasi ETF Bitcoin termasuk Ark Invest, MicroStrategy, dan Tesla. Keterlibatan perusahaan-perusahaan besar ini semakin memperkuat legitimasi aset kripto dan meningkatkan kepercayaan investor terhadap potensi jangka panjangnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi