Bank Asing Bisa Pegang Rubel Digital Rusia Mulai 2025, Gimana Regulasinya?

Bank Asing Bisa Pegang Rubel Digital Rusia Mulai 2025, Gimana Regulasinya?

Bank Rusia baru-baru ini mengumumkan perubahan regulasi terhadap mata uang digital bank sentralnya (CBDC). Mulai 1 Januari 2025, bank asing akan diizinkan untuk membuka akun rubel digital. Namun, sebelum tanggal tersebut, bank sentral Rusia akan fokus pada penggunaan domestik dan tidak mengharapkan peluncuran penuh sebelumnya. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Perubahan Regulasi dan Dampaknya

Perubahan regulasi ini memungkinkan bank asing untuk memiliki rubel digital, sesuatu yang sudah diizinkan oleh hukum Rusia yang baru-baru ini diberlakukan. Namun, Bank Sentral saat ini belum memiliki kerangka regulasi untuk bank internasional.

Seorang perwakilan Bank mengatakan kepada RBC news, “Ketika membangun platform rubel digital, kami mempertimbangkan kemungkinan interaksi lintas batas. Itulah sebabnya sudah dituangkan dalam undang-undang. Kemungkinan ini harus tercermin, di antara hal lain, dalam peraturan yang diperlukan. Kami akan melakukan pekerjaan yang sesuai kebutuhan,” Minggu (22/10/2023).

Baca Juga: SWIFT Gandeng 3 Bank Sentral untuk Uji Coba Interoperabilitas CBDC!

Menantang SWIFT dan Membuka Peluang Baru

swift dan cbdc
Sumber: The Crypto Times

Regulasi baru ini juga memungkinkan Rusia untuk menghindari larangan pembayaran SWIFT, yang sejak Maret 2022 semakin sulit untuk melakukan bisnis asing. Alih-alih menominasikan transaksi perdagangan internasional dalam dolar, banyak yang saat ini dalam renminbi.

Sistem pembayaran SWIFT juga harus bersaing dengan mBridge, sistem pembayaran multi CBDC, antara China, Hong Kong, Thailand, dan UAE. Produk layak minimum diharapkan diluncurkan pertengahan tahun depan.

Selama bertahun-tahun Rusia telah menjalin hubungan erat dengan China. Pertanyaannya adalah apakah Rusia mungkin terlibat dengan mBridge. Jika ya, ini bisa meningkatkan permintaan signifikan untuk rubel digital Rusia.

China dan India juga sedang mengembangkan CBDC mereka sendiri. BRICS membuat komitmen formal untuk penggunaan mata uang lokal di pertemuan terakhir. Ini bisa melihat adopsi mata uang digital yang jauh lebih cepat untuk transaksi domestik dan internasional.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: