Bakal Ada Upgrade di Ethereum, Vitalik Buterin Ungkap Kekhawatirannya Terhadap Adopsi DAO!

Bakal Ada Upgrade di Ethereum, Vitalik Buterin Ungkap Kekhawatirannya Terhadap Adopsi DAO!

Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, baru-baru ini mengungkapkan kekhawatirannya mengenai bagaimana organisasi otonom terdesentralisasi (DAO) dapat mendominasi pemilihan operator node dalam staking pool. Selain itu, ia juga membahas potensi perubahan besar yang mungkin terjadi pada Ethereum. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kekhawatiran Buterin Tentang Dominasi DAO

kekhawatiran buterin tentang dao
Grafik ETH yang di-stake berdasarkan kategori. Sumber: Vitalik Buterin/Dune

Buterin menyoroti bagaimana staking pool yang mengadopsi pendekatan DAO untuk tata kelola operator node dapat mengekspos mereka pada risiko dari aktor jahat. Jika satu token staking mendominasi, hal ini dapat mengarah pada satu entitas yang dapat diserang yang mengendalikan sebagian besar validator Ethereum.

Sebagai contoh, Buterin menyoroti penyedia liquid staking Lido yang memiliki DAO yang memvalidasi operator node. Meskipun demikian, ia menekankan bahwa hanya mengandalkan satu lapisan perlindungan mungkin tidak cukup.

Di sisi lain, Rocket Pool memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk menjadi operator node dengan menyetor 8 Ethereum. Namun, pendekatan ini datang dengan risikonya sendiri, seperti potensi serangan 51% pada jaringan.

Baca Juga: Legislator Hong Kong Tegaskan Vitalik Buterin: “Kebijakan Crypto Kami Sangat Stabil!”

Usulan Buterin untuk Perubahan Ethereum

buterin dan ethereum
Sumber: Luxury Launches

Dalam blog terbarunya, Buterin mengusulkan untuk meningkatkan eksperimen pada blockchain Ethereum. Ia menyoroti potensi untuk “mengabadikan” lebih banyak fitur dalam protokol Ethereum.

Salah satu usulan utamanya adalah mengembalikan ERC-4337, standar token yang memperkenalkan abstraksi akun. Pengembalian standar ini dapat membantu dalam resistensi sensor, efisiensi gas, dan dukungan untuk opcode Mesin Virtual Ethereum (EVM).

Buterin juga membahas ZK-EVMs, yang dapat membantu dalam filosofi multi-klien Ethereum. Meskipun ada tantangan dalam mengabadikan bagian ini, ZK-EVMs dapat mengkompresi lebih banyak data.

Baca Juga: Vitalik Buterin Menjual 500 Token MKR Miliknya, Ada Apa?

Solusi Jangka Panjang untuk Ethereum

Buterin menekankan pentingnya mendorong partisipasi ekosistem untuk menggunakan berbagai penyedia liquid staking. Ini akan mengurangi kemungkinan penyedia menjadi terlalu besar dan menimbulkan risiko sistemik.

Dalam jangka panjang, terlalu bergantung pada tekanan moralistik untuk menyelesaikan masalah mungkin tidak stabil. Oleh karena itu, solusi yang lebih konkret dan berkelanjutan diperlukan untuk masa depan Ethereum.

Dengan adanya perubahan dan usulan yang diajukan oleh Buterin, komunitas Ethereum perlu bersiap untuk adaptasi dan inovasi yang mungkin terjadi di masa depan.

Sebagai salah satu blockchain terdepan di dunia, Ethereum terus berinovasi dan beradaptasi dengan tantangan yang muncul. Dengan wawasan dari pendiri seperti Vitalik Buterin, kita dapat mengharapkan masa depan yang lebih cerah dan aman untuk Ethereum.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: