Mark Zuckerberg Pamerkan Avatar VR yang Menakjubkan, Apakah Metaverse Benar-benar Nyata?

Mark Zuckerberg Pamerkan Avatar VR yang Menakjubkan, Apakah Metaverse Benar-benar Nyata?

Mark Zuckerberg, CEO Meta, baru-baru ini memamerkan teknologi avatar fotorealistik terbaru dalam Metaverse yang mengejutkan dunia maya. Dalam wawancara dengan Lex Fridman, avatar mereka tampak hampir seperti salinan nyata dari diri mereka sendiri, menunjukkan kemajuan signifikan dalam teknologi Metaverse. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Avatar Fotorealistik yang Mengesankan

Avatar baru ini merupakan bagian dari program penelitian dan membutuhkan Fridman dan Zuckerberg untuk duduk di studio selama berjam-jam sambil wajah mereka dipindai menggunakan banyak kamera dengan berbagai ekspresi wajah.

Gerakan-gerakan ini kemudian ditangkap untuk membangun kepala avatar yang dapat dikendalikan gerakannya. Sehingga, bukan gambar 3D waktu nyata dari Fridman dan Zuckerberg yang ditransmisikan ke dunia 3D, tetapi data tersebut ditransfer dan digunakan untuk merekonstruksi wajah mereka.

Zuckerberg menjelaskan bahwa teknologi ini lebih efisien dari perspektif komputasi. “Selain menjadi fotorealistik, ini juga jauh lebih efisien dalam hal bandwidth dibandingkan dengan mentransmisikan video penuh atau video 3D yang mendalam dari adegan seperti ini,” katanya, dikutip dari Coingape, Rabu (4/10/2023).

Baca Juga: Pacar AI Impian Kamu Kini Bisa Jadi Kenyataan! Ini Dia Cara Mewujudkannya!

Metaverse: Lebih dari Sekadar Hiburan

lex fridman
Sumber: Akun X Lex Fridman

Meskipun Metaverse sering dilihat sebagai inovasi yang berorientasi pada hiburan, beberapa perusahaan seperti Accenture melihatnya lebih sebagai platform di mana perusahaan multinasional dapat mengadakan pertemuan virtual dalam avatar 3D. Zuckerberg berpikir bahwa teknologi avatar fotorealistiknya dapat digunakan untuk memfasilitasi percakapan semacam itu.

“Dalam masa depan, setelah kamu memiliki realitas campuran dan realitas tertambah, kita bisa memiliki avatar codec seperti ini dan masuk ke pertemuan dan memiliki beberapa orang secara fisik di sana dan memiliki beberapa orang muncul dalam bentuk fotorealistik ini, ditumpangkan pada lingkungan fisik. Hal-hal seperti itu akan sangat kuat,” tambah Zuckerberg.

Baca Juga: Balapan di Metaverse, Valentino Rossi Luncurkan ValeVerse di The Sandbox!

Avatar VR yang Lebih Realistis di Masa Depan

Meski avatar ini mengesankan, kemungkinan besar akan memakan waktu sebelum mereka tersedia secara luas. Zuckerberg mengatakan bahwa Meta masih bekerja untuk menyederhanakan proses pemindaian dan bahwa perusahaan akan mulai mengintegrasikan teknologi ini ke dalam produknya dalam beberapa tahun ke depan.

Avatar fotorealistik ini merupakan peningkatan dramatis dibandingkan dengan avatar kartun yang digunakan untuk Horizon Worlds, platform game dan sosial VR gratis Meta. Zuckerberg berharap bahwa avatar fotorealistik baru ini dapat membantu menarik orang yang sebelumnya terganggu oleh grafik Metaverse yang tidak nyata.

Dengan kemajuan teknologi ini, tampaknya mimpi Zuckerberg tentang Metaverse jauh dari mati. Meski masih ada jalan panjang yang harus ditempuh, demonstrasi terbaru ini menunjukkan bahwa Metaverse mungkin lebih nyata daripada yang kita kira.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: