Siap Guncang Dunia Metaverse, Alibaba Cloud x Avalanche Luncurkan ‘Cloudverse’!

Siap Guncang Dunia Metaverse, Alibaba Cloud x Avalanche Luncurkan ‘Cloudverse’!

Dilansir dari Decrypt, Avalanche dan Alibaba Cloud baru-baru ini mengumumkan kemitraan strategis untuk membangun Metaverse, Cloudverse, dengan menggunakan teknologi blockchain.

Metaverse adalah dunia virtual di mana pengguna dapat berinteraksi satu sama lain dalam lingkungan 3D yang dibuat dengan teknologi virtual dan augmented reality.

Artikel ini akan membahas bagaimana kemitraan antara Avalanche dan Alibaba Cloud akan mengubah cara kita melihat dunia virtual dan bagaimana metaverse menjadi masa depan yang menjanjikan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kolaborasi Avalanche dan Alibaba Cloud untuk Metaverse

avalanche x alibaba cloud
Sumber: Blog Avalanche

Dilansir dari Decrypt, Avalanche dan Alibaba Cloud memiliki keunggulan masing-masing dalam teknologi blockchain dan cloud computing yang membuat kemitraan ini sangat menjanjikan.

Metaverse launcher, Cloudverse, telah diumumkan pada Konferensi Avalanche Summit II di Barcelona. Kemitraan ini bertujuan untuk menyediakan bisnis yang beroperasi di dalam ekosistem Alibaba dengan cara yang cepat dan lancar untuk meluncurkan dan memelihara Metaverse mereka sendiri.

Menurut tim di Avalanche, “Cloudverse memberikan cara yang mudah, aman, dan hemat biaya bagi bisnis untuk memperluas merek mereka ke dunia virtual Web3.”

“Cloudverse yang didukung oleh Avalanche menawarkan jutaan bisnis yang berhadapan langsung dengan konsumen sebuah pintu gerbang yang cepat, murah, dan terpadu ke dalam Web3,” ujar John Wu, presiden Ava Labs dalam sebuah pengumuman.

“Kami menantikan untuk melihat bagaimana bisnis berkembang ke Cloudverse dan terus membangun masa depan dengan Alibaba Cloud,” tambahnya

Baca Juga: Raksasa Teknologi Alibaba Persiapkan AI Pesaing ChatGPT, Bakal Seperti Apa?

Peran Blockchain dalam Perkembangan Metaverse

peran blockchain pada perkembangan metaverse
Sumber: Yahoo Finance

Blockchain akan memainkan peran penting dalam pembangunan Metaverse karena teknologi ini dapat memberikan keamanan dan transparansi pada transaksi di dunia virtual.

Tidak hanya itu, blockchain juga dapat memastikan bahwa properti digital dalam Metaverse memiliki nilai dan keaslian yang sebenarnya.

Menurut Decrypt, kemitraan ini akan memungkinkan perusahaan yang membangun Cloudverse untuk mengakses dukungan, visualisasi, fungsi interaktif, dan semua jenis fitur yang akan diaktifkan melalui Avalanche dan MUA DAO.

Sebelumnya, pada awal Februari 2023, Alibaba Cloud mengumumkan bahwa para kreator NFT bisa membuat gambar NFT menggunakan Alibaba Cloud Serverless. Ingin tahu lebih tentang Alibaba Cloud Serverless? Baca berita lengkapnya di Cocok Untuk Kreator NFT Pemula, Buat Gambar NFT Bisa Pakai Alibaba Cloud Serverless!

Referensi: