Inovatif! Ava Labs Luncurkan AvaCloud, Launchpad Web3 Tanpa Kode. Seperti Apa?

author:

Inovatif! Ava Labs Luncurkan AvaCloud, Launchpad Web3 Tanpa Kode. Seperti Apa?

Ava Labs, perusahaan di balik blockchain layer-1 Avalanche, baru-baru ini mengumumkan peluncuran AvaCloud, sebuah layanan launchpad Web3 yang revolusioner.

Launchpad ini memiliki keunggulan unik, yaitu tidak memerlukan pemrograman kode. Apa itu AvaCloud dan bagaimana cara kerjanya? Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

AvaCloud: Launchpad Web3 Tanpa Kode dari Ava Labs

Twitter

Pada 24 Mei 2023, melalui cuitan akun Twitternya, Ava Labs, perusahaan yang mendukung Avalanche blockchain, baru saja membawa inovasi terbaru, yakni AvaCloud, sebuah landasan peluncuran Web3 yang membantu bisnis membangun ekosistem blockchain yang dikelola sepenuhnya tanpa kode.

Dikembangkan sebagai layanan launchpad Web3, AvaCloud menjanjikan kemudahan dan efisiensi dalam pengembangan aplikasi berbasis blockchain. Menurut Coindesk, produk AvaCloud memiliki empat komponen utama, yaitu pembangun blockchain otomatis, validator terkelola, alat data yang komprehensif, dan interoperabilitas rantai.

Salah satu fitur utama AvaCloud adalah kemampuannya untuk menghasilkan kode secara otomatis berdasarkan definisi tingkat tinggi. Hal ini memungkinkan pengembang, bahkan yang tidak memiliki pengalaman dalam pemrograman, untuk dapat membangun dan meluncurkan aplikasi Web3 dengan mudah.

Baca juga: Gempuran Baru Dunia DeFi, Protokol Voltz Luncurkan Fitur Baru di Avalanche!

Tidak hanya itu, pembangun blockchain otomatis memberi perusahaan akses ke portal blockchain tanpa kode yang menawarkan dukungan teknis 24/7 dan tim infrastruktur khusus untuk membantu mereka mengelola jaringan khusus.

Setiap blockchain yang dioperasikan melalui AvaCloud menggunakan smart contract yang telah dikompilasi sebelumnya dapat disesuaikan dan dibangun ke dalam protokol blockchain.

Detail Mengenai AvaCloud

ava labs luncurkan avacloud
Twitter

AvaCloud dirancang untuk membuat pengembangan aplikasi Web3 menjadi lebih mudah dan efisien. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk mendefinisikan aplikasi mereka dalam bentuk yang lebih mudah dipahami, dan AvaCloud akan menghasilkan kode yang diperlukan untuk implementasinya.

Selain itu, Ava Labs baru-baru ini meluncurkan Avalanche Warp Messaging, yang memungkinkan komunikasi asli antara semua subnet Avalanche. Dengan alat baru ini, pengguna dapat dengan cepat membuat testnet gratis, meluncurkan ke mainnet, dan terus menambahkan fungsionalitas saat mereka berkembang dari waktu ke waktu.

Nicholas Mussallem, wakil presiden senior produk di Ava Labs, mengatakan bahwa AvaCloud memungkinkan perusahaan untuk membawa produk Web3 ke pasar lebih cepat dan dengan risiko yang lebih rendah, tanpa perlu mempekerjakan karyawan yang berfokus pada blockchain.

“Secara historis, blockchain khusus membutuhkan modal intensif dan investasi manusia. Satu studi mengutip penyebaran end-to-end untuk blockchain kustom memiliki waktu dan biaya rata-rata melebihi 12 bulan dan $ 1,5 juta per tahun.” kata Mussallem kepada Coindesk.

Lebih lanjut Mussallem menambahkan bahwa jaringan blockchain publik sering kali tidak cocok untuk entitas bisnis dan pemerintah karena mereka gagal memenuhi persyaratan peraturan atau terlalu mahal dan lambat.

Seiring dengan semakin matangnya blockchain, semakin jelas bahwa satu ukuran tidak cocok untuk semua, ungkapnya.

Baca juga: Cosmos (ATOM) Mengguncang Industri NFT dengan Integrasi Standar ICS-721, Apakah Itu?

“Karena blockchain yang didukung AvaCloud dapat menyesuaikan persyaratan validator seperti KYC dan privasi, industri dengan peraturan yang ketat dapat memperoleh manfaat dari teknologi blockchain. Ini membuka pintu untuk adopsi TradFi, kepatuhan HIPAA, program pemerintah, dan banyak lagi.”

Masa Depan Web3 dengan AvaCloud

Peluncuran AvaCloud membuka banyak kemungkinan bagi pengembangan Web3. Dengan kemudahan dan efisiensi yang ditawarkan oleh layanan ini, lebih banyak pengembang dan pengguna dapat berpartisipasi dalam ekonomi digital berbasis blockchain.

Menurut Ava Labs, alat baru ini akan menciptakan peluang pendapatan yang lebih besar dan “menyiapkan panggung untuk infrastruktur berbasis cloud yang siap diadopsi secara massal dalam blockchain.”

Studio game AAA Shrapnel dan konglomerat Korea SK diketahui telah termasuk di antara pengguna awalnya.

Peluncuran AvaCloud juga menunjukkan komitmen Ava Labs terhadap inovasi dalam industri blockchain. Perusahaan ini telah dikenal karena karyanya dalam pengembangan Avalanche blockchain, dan dengan AvaCloud, mereka membawa visi mereka ke tingkat berikutnya.

Baca juga: Prediksi Harga Avalanche 2023, 2025, 2030: Bulls Pegang Kendali, AVAX Siap Melambung ke Rp5,3 Juta?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: