Avail, Proyek Data Ethereum, Raih Pendanaan $27 Juta

Avail, Proyek Data Ethereum, Raih Pendanaan $27 Juta

Dalam dunia blockchain, Ethereum menjadi salah satu platform yang paling populer. Namun, Ethereum memiliki keterbatasan dalam hal skalabilitas. Untuk mengatasi masalah ini, Ethereum sedang mengembangkan arsitektur modular yang akan membagi proses transaksi menjadi beberapa komponen khusus.

Salah satu komponen penting dalam arsitektur modular Ethereum adalah ketersediaan data (data availability). Avail, sebuah proyek blockchain yang berfokus pada ketersediaan data, baru saja mengumumkan pendanaan awal sebesar $27 juta.

Avail Trinity: Solusi Interoperabilitas Modular

Avail didirikan oleh Anurag Arjun dan Prabal Banerjee, keduanya mantan anggota Polygon. Avail tidak hanya menyediakan layanan ketersediaan data, tetapi juga menawarkan dua produk utama lainnya, yaitu Nexus dan Fusion. Ketiga produk ini disebut sebagai “Avail Trinity” dan dirancang untuk mengatasi masalah fragmentasi dan menciptakan pengalaman yang lebih terintegrasi di seluruh ekosistem modular.

Baca Juga: Bitcoin Kalahkan Emas dalam Portofolio Investor: Analisis JPMorgan Mengejutkan Pasar!

Nexus berfungsi sebagai pusat agregasi bukti (proof aggregation) untuk menyediakan verifikasi berbagai rollup melalui mekanisme koordinasi berbasis bukti pengetahuan nol (zero-knowledge proof). Dengan demikian, Avail tidak bersaing dengan tim lain dalam hal eksekusi, melainkan sebagai penyedia layanan rollup, bukan pembangun rollup.

Ketersediaan Data dengan DAS

polygon avail
Money Times

Avail menjalankan protokol konsensusnya sendiri untuk menyediakan ketersediaan data dengan beberapa fitur baru. Salah satu fitur tersebut adalah pengambilan sampel ketersediaan data (data availability sampling/DAS) berdasarkan bukti validitas. Bukti Avail dihasilkan segera setelah sebuah blok diselesaikan, sehingga memberikan finalitas keseluruhan dalam waktu sekitar 40 detik.

Selain itu, Avail juga memiliki mekanisme konsensus proof of stake (PoS) yang dinominasikan, yang bergantung pada token aslinya. Namun, keamanan rantai yang menggunakan Avail tidak terbatas pada kepemilikan ekonomi aset aslinya. Avail juga memperkenalkan Fusion, sebuah fitur yang memungkinkan aset crypto seperti Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) untuk berkontribusi pada keamanan ekosistem Avail.

Masa Depan Web3 yang Terukur dan Aman

Komponen-komponen tumpukan Ethereum modular bertujuan untuk menyediakan fondasi yang skalabel, aman, dan interoperabel untuk aplikasi terdesentralisasi (dapps) Web3 di masa depan. Dengan adanya Avail Trinity dan proyek crypto serupa, pengguna tidak perlu khawatir tentang kompleksitas teknis yang mendasarinya dan dapat menikmati pengalaman yang lebih lancar dan terintegrasi di seluruh ekosistem blockchain.

Baca Juga: Whale Borong Chainlink (LINK) dari Binance, Pendapatan CCIP Melonjak 180% dalam 2 Bulan!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi