Avail Gandeng Jaringan Blockchain Terkemuka untuk Integrasi Data

Avail Gandeng Jaringan Blockchain Terkemuka untuk Integrasi Data

Jakarta, Pintu News – Avail, sebuah solusi blockchain inovatif yang dirancang untuk meningkatkan ketersediaan data untuk rollup, telah bermitra dengan lima protokol layer-2 untuk meningkatkan skalabilitas, efisiensi biaya, dan fleksibilitas pengembang.

Dalam sebuah pengumuman pada hari Kamis, protokol tersebut mengatakan bahwa solusi penskalaan berbasis Ethereum seperti Arbitrum, Optimism, Polygon, StarkWare, dan zkSync akan mengintegrasikan lapisan Ketersediaan Data (DA) ke dalam berbagai platform mereka. Simak berita lengkapnya disini!

Integrasi Avail DA

Integrasi ini bertujuan untuk memberdayakan pengembang dengan rantai yang skalabel, hemat biaya, dan dapat disusun yang mampu menangani jutaan pengguna. Setelah penggabungan selesai, solusi DA akan membentuk fondasi untuk arsitektur terpadu, menawarkan jaminan matematis ketersediaan data dan menampilkan ekosistem validator bawaan untuk jaringan.

Ini juga akan membawa lebih banyak transparansi ke rantai, membantu mereka memerangi penipuan pada platform individu dan memungkinkan operasi yang andal di luar blockchain Ethereum utama. Namun, penting untuk dicatat bahwa DA Avail masih dalam fase testnet, dan peluncuran mainnet-nya masih berlangsung.

Anurag Arjun, salah satu pendiri proyek, mengonfirmasi bahwa itu akan segera ditayangkan, dalam beberapa minggu. Platform ini termasuk di antara protokol yang baru diluncurkan yang bergabung dengan ekosistem kripto tahun lalu, bersama proyek-proyek seperti Celestia, yang diluncurkan pada bulan Oktober, dan Eigenlayer’s EigenDA, yang ditayangkan awal bulan ini.

Baca Juga: RUU Stablecoin Segera Hadir di DPR AS, Bagaimana Nasib Tether?

Persiapan Peluncuran Mainnet

Pada tanggal 24 April, Avail meluncurkan Turing, lingkungan pengujian pra-mainnet utamanya, sebagai persiapan untuk debut resminya. Menurut platform, Turing dirancang khusus untuk pemeriksaan penyebaran menyeluruh, uji stres, dan penilaian skalabilitas.

Awal tahun ini, Avail mengumumkan akan meluncurkan dua produk inti: Nexus dan Avail Fusion. Protokol penyatuan blockchain mengatakan Nexus akan berfungsi sebagai lapisan yang menghubungkan berbagai rollup dalam ekosistem Avail. Di sisi lain, Avail Fusion akan memanfaatkan keamanan mata uang kripto seperti Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) untuk meningkatkan keamanan keseluruhannya.

Baca Juga: Consensys Gugat SEC AS Terkait Regulasi Ethereum, Apa yang Terjadi?

Memberdayakan Ekosistem Blockchain

Meskipun dalam fase testnet, Avail sudah berkolaborasi dengan mitra barunya dalam integrasi. Protokol bekerja sama erat dengan OP Labs, kontributor signifikan untuk Optimism, untuk memastikan integrasi yang mulus dalam ekosistemnya. Menurut pengumuman tersebut, pembangun rantai Orbit di Optimism sekarang akan dapat memilih Avail DA setelah integrasi daripada mengandalkan Komite Ketersediaan Data eksternal AnyTrust.

Avail DA juga akan terintegrasi dengan Polygon Chain Development Kit (CDK), bagian penting dari jaringan AggLayer Polygon. Marc Boiron, CEO Polygon Labs, mengatakan pengembang dapat membuat solusi blockchain yang saling berhubungan setelah integrasi selesai. StarkWare dan zkSync tidak ketinggalan. Integrasi dengan platform ini akan membantu merampingkan penyebaran blockchain bertenaga ZK, meningkatkan throughput, skalabilitas, dan pengalaman pengguna di seluruh platform.

Kesimpulan

Avail, solusi blockchain inovatif yang dirancang untuk meningkatkan ketersediaan data untuk rollup, telah bermitra dengan lima protokol layer-2 untuk meningkatkan skalabilitas, efisiensi biaya, dan fleksibilitas pengembang. Integrasi ini bertujuan untuk memberdayakan pengembang dengan rantai yang skalabel, hemat biaya, dan dapat disusun yang mampu menangani jutaan pengguna.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi