Avail Buka Jembatan Baru ke Ethereum: Inovasi Besar untuk Solusi Layer-2!

author:

Array

Avail Buka Jembatan Baru ke Ethereum: Inovasi Besar untuk Solusi Layer-2!

Avail, proyek yang awalnya dibuat oleh Polygon Labs, baru-baru ini telah meluncurkan “jembatan atestasi data” dalam tahap uji coba. Jembatan ini dirancang untuk mengurangi biaya bagi rantai layer 2 dan 3 dalam ekosistem Ethereum.

Dengan teknologi ini, Avail berencana membantu jaringan sekunder dalam ekosistem Ethereum untuk mempercepat proses mereka dengan memberikan cara alternatif untuk menyimpan dan memverifikasi data, selain menyimpannya di blockchain utama.

Avail: Solusi Baru untuk Masalah Ketersediaan Data

Avail, yang awalnya dibuat oleh Polygon Labs dan menjadi proyek independen pada Maret, berfokus pada penyimpanan dan verifikasi data untuk blockchain. Jembatan atestasi data yang baru diluncurkan ini membantu mengamankan data off-chain.

jembatan atestasi data avail
Tersedia Penjelajah Blok – Avail.tools

Lebih lanjut, jembatan ini terhubung ke Ethereum dan dapat digunakan oleh rollup zero-knowledge dan optimistik yang menggunakan Ethereum sebagai lapisan dasar.

Baca juga: Polygon Labs Siap Luncurkan “Value Layer” Internet Lewat Polygon 2.0, Buka Era Baru?

Berangkat dari lata belakang menyimpan data di Ethereum bisa menjadi mahal, oleh karena itu Avail bertujuan menjadi solusi bagi layer 2 dan 3 untuk mempublikasikan data off-chain, untuk mengurangi biaya transaksi tinggi yang sering muncul dari posting data di blockchain Ethereum utama. Dengan ini, blockchain Ethereum utama dapat terhindar dari kepadatan yang disebabkan oleh aktivitas eksekusi dan penyelesaian.

Jembatan Atestasi Data: Langkah Maju untuk Ekosistem Layer 2

Jembatan atestasi data ini adalah salah satu komponen dari apa yang akan ditawarkan Avail dalam ekosistem layer 2. Dalam jangka panjang, Avail ingin rollup diluncurkan sepenuhnya di atas jaringannya. Jaringan ini bisa mencakup validium, yang merupakan solusi penskalaan Ethereum yang menyimpan data transaksi off-chain.

Ketika validium atau L3 mengirimkan data transaksi ke Avail, jembatan atestasi data memberikan atestasi di Ethereum. Ini kemudian membuktikan kepada Ethereum bahwa “data apa pun yang dikirimkan oleh rollup ke Avail sebenarnya tersedia.”

Masa Depan Avail dan Dampaknya pada Ekosistem Blockchain

polygon avail
Money Times

Pada Maret 2023 lalu, Avail memisahkan diri dari Polygon, di mana Anurag Arjun, pendiri Avail, sebelumnya adalah salah satu pendiri. Pada Juni 2023, Avail merilis fase kedua dari testnet “Kate”nya, di mana mereka menjalani serangkaian tes untuk mendorong partisipasi validator dalam jaringan.

Baca juga: Tenet dan LayerZero Berkolaborasi untuk Mendorong Adopsi Liquid Staking Lintas Rantai!

Anurag Arjun menyatakan kegembiraannya tentang peluncuran Jembatan Atestasi Ketersediaan Data, mengatakan bahwa ini menandai kemajuan besar dalam misi mereka untuk mengoptimalkan skalabilitas dan efisiensi blockchain.

“Peluncuran jembatan pengesahan Ketersediaan Data hari ini menandai kemajuan besar dalam misi kami untuk mengoptimalkan skalabilitas dan efisiensi blockchain. Dengan memungkinkan konstruksi rollup berjalan dalam mode validium, rantai optimis, dan volition, kami tidak hanya mengurangi biaya tetapi juga membuka jalan bagi ekosistem layer-2 dan layer-3 yang lebih inklusif dan efisien.” kata Arjun.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Array