Aptos Labs Memperkenalkan Autentikasi Tanpa Kunci untuk Transaksi Blockchain!

author:

Aptos Labs Memperkenalkan Autentikasi Tanpa Kunci untuk Transaksi Blockchain!

Dalam perkembangan terbaru yang mengejutkan dunia crypto, Aptos Labs telah memperkenalkan metode autentikasi berbasis passkey untuk menandatangani transaksi di jaringan blockchain Layer-1 mereka.

Inovasi ini tidak hanya menjanjikan peningkatan keamanan tetapi juga kemudahan penggunaan yang belum pernah ada sebelumnya, mirip dengan pengalaman yang ditawarkan oleh layanan seperti Apple Pay atau Google Pay.

Langkah Signifikan Aptos Labs

Kolaborasi Aptos dan NPIXEL
Sumber: Chaindebrief.com

Aptos Labs, dalam upaya terobosannya, telah mengumumkan cara baru bagi pengguna untuk menandatangani transaksi di jaringan blockchain Layer-1. Pengembangan ini hadir dalam bentuk passkey, yang menghilangkan kebutuhan untuk membuat kata sandi.

Baca juga: Aptos Labs dan Microsoft Azure OpenAI Service Berkolaborasi untuk Memajukan Web3!

Menurut Avery Ching, CTO dan salah satu pendiri Aptos Labs, perubahan ini pada blockchain dan pembuatan validator passkey baru di Aptos memungkinkan transaksi diverifikasi dengan informasi ini, memungkinkan pengguna untuk menandatangani transaksi mereka dengan passkey.

Saat ini, ketika pengguna membuat akun di dompet crypto, mereka menghasilkan kode panjang atau kunci pribadi yang perlu disimpan dengan aman. Ching mencatat bahwa kunci ini biasanya dienkripsi dengan kata sandi yang ditetapkan oleh pengguna.

Namun, dengan passkey, menjadi mungkin untuk masuk tanpa kata sandi, biasanya melalui Touch ID atau Face ID.

Fokus pada Kemudahan Penggunaan

Ching menekankan bahwa passkey lebih ramah pengguna dan mencerminkan kemudahan penggunaan yang ditemukan di layanan seperti Apple Pay atau Google Pay.

“Pengguna akan dapat menyimpan kunci pribadi akun passkey langsung di perangkat mereka dan menyinkronkan kunci pribadi mereka dengan penyedia cadangan seperti iCloud atau Google Password Manager. Kemudian, ketika mereka ingin menandatangani transaksi, mereka dapat menggunakan passkey secara langsung,” ujarnya.

Proyek crypto lain seperti Dynamic Wallet dan Turnkey juga menyediakan autentikasi passkey. Namun, berbeda dengan sistem Aptos di mana pengguna menyimpan kunci pribadi mereka di perangkat mereka, Dynamic Wallet dan Turnkey menyimpan kunci pribadi di sistem seperti Amazon Web Services Nitro Enclave.

Baca juga: Cardano Siap Mengguncang Dunia Crypto dengan Hardfork Chang dan Upgrade Plutus V3!

Dampak pada Industri Blockchain

Dengan pengenalan autentikasi passkey oleh Aptos Labs, industri blockchain diharapkan akan menyaksikan peningkatan dalam keamanan dan kemudahan penggunaan transaksi.

Inovasi ini menandai era baru dalam cara transaksi blockchain dilakukan, dengan menghilangkan kebutuhan untuk kata sandi tradisional dan kunci, dan sebaliknya memanfaatkan teknologi biometrik yang sudah ada di perangkat pengguna.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Aptos Labs