Revolusi Industri Otomotif: Autentica Luncurkan Platform Inovatif Berbasis NFT!

author:

Revolusi Industri Otomotif: Autentica Luncurkan Platform Inovatif Berbasis NFT!

Autentica, startup berbasis di Inggris, mengguncang industri otomotif dengan meluncurkan platform digital yang memungkinkan produsen menjual desain suku cadang mobil yang dapat dicetak 3D.

Platform ini menggunakan teknologi blockchain dan Non-Fungible Tokens (NFT) untuk melindungi hak cipta dan memastikan keaslian suku cadang.

Autentica dan Inovasi NFT dalam Industri Otomotif

platform nft otomotif
Sumber: NFT News Today

Autentica Car Parts, yang berbasis di Sci-Tech Daresbury, telah mengembangkan platform yang memungkinkan OEM (Original Equipment Manufacturers), seperti perancang dan produsen mobil, menjual desain suku cadang kepada dealer resmi, distributor, dan pusat perbaikan.

Baca juga: Kota Sharjah Luncurkan Platform NFT untuk Menerbitkan Sertifikat Digital Terverifikasi!

Solusi pertama di dunia ini memungkinkan aset desain yang dilindungi dan disertifikasi oleh NFT berbasis blockchain untuk dicetak 3D sesuai permintaan secara lokal. NFT membantu mencegah pelanggaran hak cipta dan menyelesaikan masalah tanggung jawab, memungkinkan OEM mengendalikan penyedia layanan pencetakan 3D dengan mengalirkan token G-CODE alih-alih file model 3D.

Dengan pendanaan dari Innovate UK, agensi inovasi nasional Inggris, platform ini telah berhasil diuji dengan 500 pelanggan, termasuk OEM dan dealer mobil, serta jaringan internasional penyedia layanan pencetakan 3D sebanyak 600.

Manfaat Lingkungan dan Ekonomi dari Platform Autentica

Platform Autentica tidak hanya membantu pemilik desain dan OEM menjual suku cadang menggunakan NFT, tetapi juga membantu mengurangi biaya non-produksi seperti penyimpanan hingga 70% dan mengurangi jejak karbon transportasi hingga 40%.

Baca juga: Tim Esports MIBR Hadirkan NFT ‘Phygital’ Melalui Kolaborasi dengan Crypto Exchange Ini!

Dengan platform ini, akses instan ke suku cadang mobil menjadi mungkin dibandingkan dengan standar industri 28 hari.

CEO Autentica Car Parts, Irma Gilbert, mengatakan bahwa teknologi digital adalah katalis dalam memberikan transformasi radikal ke rantai pasokan global dengan memanfaatkan kekuatan otomasi, analitik, dan kecerdasan untuk meningkatkan efisiensi, visibilitas, keberlanjutan, dan ketahanan.

Secara keseluruhan, model perintis Autentica juga meluas ke industri penerbangan, pertahanan, dan manufaktur farmasi, memberi mereka akses ke dan lisensi hak data digital. Pendekatan ini memberdayakan bisnis untuk meningkatkan efisiensi biaya dan merampingkan pemeliharaan melalui manufaktur aditif.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: