Australia Bakal Sambut Masa Depan Uang Digital (CBDC), Kamu Siap?

Australia Bakal Sambut Masa Depan Uang Digital (CBDC), Kamu Siap?

Bank Sentral Australia (RBA) tampaknya siap menyambut era baru dalam sejarah uang, dengan membuka peluang penggunaan mata uang digital bank sentral atau crypto CBDC. Dalam dunia yang semakin digital, apakah kamu juga siap untuk beradaptasi?

Masa Depan Uang dalam Bentuk Token

Brad Jones, asisten gubernur (sistem keuangan) RBA, dalam pidatonya yang berjudul “Masa Depan Tokenisasi untuk Sistem Keuangan Australia,” membahas peluang dan tantangan yang muncul dari tokenisasi aset dan uang di era digital.

Jones memulai pidatonya dengan menguraikan penggunaan berbagai bentuk uang sepanjang sejarah dan bagaimana instrumen keuangan telah berkembang seiring waktu. Dalam era modern ini, Jones menyebutkan tentang stablecoins dan CBDCs sebagai bentuk uang yang telah ditokenisasi.

Baca Juga: Regulasi Baru Australia: Bursa Crypto Kini Harus Miliki Lisensi Keuangan!

Stablecoins dan CBDCs: Dua Sisi Mata Uang Digital

Jones menyatakan bahwa stablecoins yang dikeluarkan oleh institusi keuangan yang diatur dengan baik dan didukung oleh aset berkualitas tinggi (misalnya, surat berharga pemerintah dan cadangan bank sentral) dapat digunakan secara luas untuk menyelesaikan transaksi yang telah ditokenisasi.

Namun, stablecoin yang dikeluarkan oleh pihak swasta seringkali membawa risiko yang lebih tinggi karena kurangnya pedoman regulasi. Di sisi lain, CBDCs dalam bentuk deposit bank yang telah ditokenisasi bisa menjadi bentuk penyelesaian transaksi yang baik, menurut Jones.

Baca Juga: Mastercard Berhasil Selesaikan Uji Coba CBDC dengan Reserve Bank of Australia!

Hasil Program CBDC Pilot Bank Sentral

program pilot cbdc australia
Sumber: Forbes

Jones juga membagikan beberapa temuan dari program pilot CBDC bank sentral, termasuk berbagai area di mana CBDC dapat menambah nilai dalam pembayaran grosir, seperti memfasilitasi penyelesaian atomik di pasar aset yang telah ditokenisasi.

Proyek pilot ini juga menyoroti peluang bagi CBDC grosir untuk melengkapi bentuk baru uang digital yang dikeluarkan secara swasta, yaitu deposit bank yang telah ditokenisasi dan stablecoins yang didukung aset.

Dengan semakin banyaknya negara yang mulai membuka diri terhadap mata uang digital, tampaknya era baru dalam sejarah uang sudah di depan mata. Bagaimana dengan kamu, apakah sudah siap menyambut era baru ini?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: