Australia Siap Luncurkan ETF Bitcoin Spot Pertama, Monochrome Memimpin Langkah!

author:

Australia Siap Luncurkan ETF Bitcoin Spot Pertama, Monochrome Memimpin Langkah!

Monochrome Asset Management, perusahaan investasi crypto berbasis di Australia, telah memperbarui aplikasinya untuk menawarkan ETF Bitcoin Spot di Bursa Efek Australia (ASX) melalui mitra mereka, Vasco Trustees.

Kabar terbaru ini merupakan langkah penting dalam industri crypto Australia, menandai upaya pertama untuk meluncurkan ETF Bitcoin Spot di bawah regulasi baru di negara tersebut.

Monochrome dan Aplikasi ETF Bitcoin Spot

monochrome aplikasikan etf bitcoin
Sumber: Cryptotimes

Monochrome Asset Management, sebuah perusahaan manajemen aset yang berfokus pada Bitcoin (BTC), telah mengajukan aplikasi untuk meluncurkan ETF Bitcoin Spot pertama di Australia. Aplikasi ini diajukan melalui mitra mereka, Vasco Trustees, ke Australian Securities Exchange (ASX). ETF ini, yang dikenal sebagai Monochrome Bitcoin ETF (IBTC), dimaksudkan untuk memberikan eksposur yang diatur kepada investor ritel terhadap Bitcoin.

Pengajuan ini menandai pertama kalinya pengajuan untuk ETF Bitcoin Spot di ASX di bawah rezim lisensi yang mencakup ketentuan crypto, yang ditetapkan hampir dua tahun lalu. Langkah ini juga mengikuti setahun setelah mitra Monochrome, Vasco, menerima lisensi keuangan untuk mengoperasikan ETF spot crypto di negara tersebut. Dengan demikian, ini menunjukkan perkembangan signifikan dalam upaya untuk memperluas aksesibilitas dan adopsi Bitcoin di Australia.

Baca juga: Proses Review Dimulai, SEC Menerima Permohonan ETF Bitcoin BlackRock dan Lainnya

Monochrome dan Vasco berharap bahwa ETF ini akan memberikan akses yang lebih mudah dan diatur kepada investor ritel untuk berinvestasi dalam Bitcoin. Dengan menawarkan eksposur langsung ke Bitcoin melalui produk yang diatur dan diperdagangkan di bursa, mereka berharap untuk menarik lebih banyak investor ke dalam ruang crypto.

Regulasi Baru dan Dampaknya pada Industri Crypto Australia

ASIC, regulator sekuritas negara tersebut, merevisi aturannya untuk Lisensi Layanan Keuangan Australia (AFS) pada Oktober 2021. ASIC berusaha untuk meningkatkan transparansi pasar di antara perusahaan crypto sambil meningkatkan perlindungan investor.

Lebih lanjut, aturan-aturan ini menentukan bahwa dukungan dan penerimaan institusional terhadap kripto yang mendasari harus ada agar ETF Spot dapat diluncurkan. Penyedia layanan yang “reputable” dan “berpengalaman” harus bersedia mendukung produk-produk tersebut.

Pandangan CEO Monochrome dan Harapan untuk Masa Depan

CEO Monochrome, Jeff Yew, percaya bahwa investor akan cenderung mencari eksposur ke Bitcoin dalam lingkungan regulasi yang lebih familiar, terstruktur, dan dilindungi. Yew juga optimis bahwa hasil positif akan dicapai dan berpendapat bahwa iklim saat ini menunjukkan “keadaan dan struktur produk / lisensi yang berbeda”.

Baca juga: Investasi Crypto Menarik Minat Generasi Muda Australia, Temukan Alasannya!

Tidak hanya itu, Yew menambahkan bahwa dia yakin investor ritel Australia akan antusias karena ETF Bitcoin memungkinkan mereka untuk membeli dan menggunakan kelas aset sesuai dengan pilihan investasi mereka dalam cara yang diatur dan beroperasi dalam batas regulasi yang biasa.

Dengan pengajuan ETF Bitcoin Spot pertama di Australia, Monochrome dan Vasco Trustees berada di garis depan evolusi industri crypto di negara tersebut. Jika berhasil, ETF ini akan membuka jalan bagi investor ritel untuk mendapatkan eksposur yang diatur ke Bitcoin, memperluas aksesibilitas dan adopsi crypto di Australia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: