Terungkap! Strategi Baru Australia Perangi Penipuan di Sektor Crypto

Terungkap! Strategi Baru Australia Perangi Penipuan di Sektor Crypto

Australia tidak kenal lelah dalam memerangi penipuan yang merajalela di sektor crypto dan lainnya. Kali ini, pemerintah mengusulkan kerangka kerja baru yang menjanjikan peran serta tanggung jawab yang jelas bagi entitas pemerintah dan swasta. Inisiatif ini diharapkan dapat meminimalisir kerugian yang terus meningkat akibat aksi penipuan yang semakin canggih. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kerangka Kerja Baru untuk Sektor Keuangan dan Crypto

Departemen Keuangan Australia telah merilis sebuah kertas konsultasi yang mengusulkan penerapan kode dan standar khusus sektor. Tujuannya adalah untuk menangani penipuan yang terjadi di perbankan dan sektor crypto, termasuk penipuan lain yang sering menimpa konsumen dan bisnis.

Kertas konsultasi ini merupakan bagian dari upaya Australian Competition and Consumer Commission (ACCC) yang setiap tahunnya menggelar Scams Awareness Week. Kali ini, pemerintah Australia berencana untuk menerapkan kode industri wajib yang akan menargetkan setiap jenis penipuan secara spesifik. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dalam memerangi penipuan yang semakin meresahkan masyarakat.

Baca Juga: Perubahan di Australia: Kini Pajak Keuntungan Modal Berlaku untuk Token Crypto Terbungkus!

Peran Serta Sektor Swasta dalam Memerangi Penipuan

framework pencegahan penipuan crypto
Kerangka kerja yang diusulkan oleh Departemen Keuangan Australia. Sumber: treasury.gov.au

Kerangka kerja yang diusulkan ini tidak hanya menekankan peran pemerintah, tetapi juga sektor swasta dalam memerangi penipuan. Setiap entitas akan memiliki tanggung jawab yang jelas dalam mencegah, mendeteksi, mengganggu, dan merespons aksi penipuan, termasuk berbagi informasi intelijen tentang penipuan.

Kode industri yang wajib ini akan menguraikan tanggung jawab sektor swasta terkait aktivitas penipuan. Saat ini, National Anti-Scam Centre (NASC) yang dipimpin oleh ACCC, Australian Securities and Investments Commission, Australian Communications and Media Authority, dan layanan dukungan spesialis telah bekerja sama untuk memerangi penipuan di Australia.

Baca Juga: Regulasi Baru Australia: Bursa Crypto Kini Harus Miliki Lisensi Keuangan!

Angka Kerugian yang Meningkat dan Tanggapan Publik

Dalam kertas konsultasi tersebut, disebutkan bahwa konsumen dan bisnis di Australia mengalami kerugian setidaknya sebesar $3,1 miliar akibat penipuan pada tahun 2022. Angka ini meningkat 80% dari tahun sebelumnya, menunjukkan bahwa upaya yang ada saat ini belum cukup efektif.

Pemerintah Australia telah memperkenalkan beberapa inisiatif untuk mengatasi penipuan, namun masih diperlukan upaya lebih lanjut. Dengan kerangka kerja baru ini, diharapkan akan ada peningkatan dalam pencegahan dan penanganan penipuan, khususnya di sektor yang berkembang pesat seperti crypto dan NFT.

Kerangka kerja baru ini membuka harapan bagi masyarakat Australia untuk mendapatkan perlindungan yang lebih baik dari penipuan, khususnya di sektor crypto. Dengan kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta, diharapkan penipuan dapat ditekan dan kepercayaan publik terhadap industri digital dapat dipulihkan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: