Kontroversi Mata Uang Digital Palau: Senator Minta Audit Program Stablecoin yang Didukung Ripple!

Kontroversi Mata Uang Digital Palau: Senator Minta Audit Program Stablecoin yang Didukung Ripple!

Kerjasama antara Republik Palau dan Ripple dalam peluncuran program stablecoin telah menarik perhatian banyak pihak. Namun, tidak semua respons yang diterima positif. Senator Palau, Mark Rudimch, telah meminta audit terhadap program ini, menimbulkan pertanyaan besar mengenai masa depan mata uang digital di negara tersebut. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kekhawatiran Senator Terhadap Program Stablecoin

kekhawatiran stablecoin palau
Sumber: Akun Twitter Jay Hunter Anson

Dilansir dari Bitcoin News, Senator Mark Rudimch telah menyampaikan kekhawatiran kepada auditor publik, Satrunino Tewid, mengenai berbagai aspek dari program stablecoin yang didukung oleh Ripple. Ia menyoroti potensi masalah konstitusional, keamanan, akuntabilitas, otoritas statut, dan pengawasan program ini.

Rudimch merasa bahwa Kementerian Keuangan mungkin tidak memiliki otoritas untuk menjalankan program semacam ini di Palau. Ia juga menyoroti penggunaan sumber daya pemerintah tanpa mengikuti prosedur yang benar, mempertanyakan apakah praktek ini dapat diterapkan pada program eksperimental lainnya.

Baca Juga: Kerjakan Regulasi Stablecoin Baru, Hong Kong Tolak Stablecoin Satu Ini

Detail Tentang Program Stablecoin Palau

Program stablecoin Palau, yang dikenal sebagai PSC, saat ini masih berjalan dalam skala kecil. Kementerian Keuangan hanya mendistribusikan jumlah PSC yang terbatas, menggunakan jaringan Ripple untuk tujuan ini. Program ini terbatas untuk 200 pegawai pemerintah cabang eksekutif dengan masing-masing peserta mendapatkan $100 untuk dibelanjakan di pengecer yang memenuhi syarat di negara tersebut.

Presiden Palau, Surangel S. Whipps Jr., telah menyatakan dukungannya terhadap program ini, berharap dapat membantu Palau dalam meningkatkan transaksi keuangan dan memberdayakan warganya. Program ini akan dievaluasi selama dua bulan sebelum pemerintah memutuskan apakah akan diperluas atau tidak.

Baca Juga: Transaksi Stablecoin MiCA Dirasa Menghambat Adopsi Crypto, Begini Kata Pengacara!

Kolaborasi Ripple dan Palau: Langkah Menuju Inovasi Keuangan

Republik Palau dan Ripple telah meluncurkan program pilot stablecoin terbatas sebagai fase berikutnya dari kolaborasi mereka. Tujuan dari inisiatif ini adalah untuk mengeksplorasi potensi penggunaan serta mendorong inovasi keuangan di Palau. Ripple akan mengeluarkan Palau Stablecoin (PSC) yang didukung oleh dolar AS di XRP Ledger (XRPL).

Dengan memanfaatkan Platform CBDC Ripple, Palau mendapatkan solusi lengkap untuk bank sentral dalam mengeluarkan mata uang digital mereka sendiri. Platform ini memungkinkan Palau untuk mengelola dan menyesuaikan seluruh siklus hidup stablecoin, termasuk distribusi dan transaksi.

Kontroversi mengenai program stablecoin di Palau menunjukkan betapa pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam peluncuran mata uang digital. Meskipun ada kekhawatiran dari beberapa pihak, banyak yang berharap program ini dapat membawa manfaat ekonomi bagi Palau.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: