Perubahan Besar dalam Akuntansi Crypto: FASB Setujui Aturan Baru untuk Perusahaan!

Perubahan Besar dalam Akuntansi Crypto: FASB Setujui Aturan Baru untuk Perusahaan!

Dengan pertumbuhan eksponensial industri crypto, Financial Accounting Standards Board (FASB) Amerika Serikat telah mengesahkan aturan baru yang berkaitan dengan akuntansi aset crypto yang dimiliki oleh perusahaan. Seperti apa aturan tersebut Simak berita legkapnya berikut ini!

Pengesahan Aturan Baru oleh FASB

pengesahan aturan baru fasb
Sumber: Akun Twitter Cory Klippsten

Dilansir dari Cointeelgraph, FASB, organisasi yang menetapkan standar akuntansi dan pelaporan untuk organisasi yang mengikuti GAAP Amerika Serikat, telah menyetujui aturan baru untuk akuntansi nilai wajar aset crypto yang dimiliki oleh perusahaan. Aturan ini diharapkan berlaku pada tahun 2025.

Aturan ini menandai tonggak sejarah dalam pelaporan keuangan aset digital. Sebelumnya, perusahaan diharuskan untuk mencatat kerugian penurunan nilai dari crypto di neraca mereka, bahkan setelah aset digital tersebut memulihkan nilainya.

Perubahan ini diperkirakan akan meningkatkan volatilitas dalam laporan keuangan perusahaan yang memiliki aset crypto dalam jumlah besar, seperti MicroStrategy. Namun, ini juga memungkinkan mereka untuk mencatat pemulihan keuangan dari kenaikan harga crypto.

Baca Juga: Pengawas Sekuritas Internasional Terbitkan Standar Regulasi Crypto dan Aset Digital

Implikasi dari Aturan Baru

Dengan pendekatan baru ini, perusahaan akan mencatat aset crypto mereka berdasarkan harga pasar saat ini. Ini mencerminkan perubahan nilai aset digital dan memungkinkan perusahaan untuk mencatat pemulihan keuangan dari kenaikan harga crypto.

Selain perusahaan yang berfokus pada crypto seperti Coinbase, perubahan aturan ini juga akan mempengaruhi perusahaan investasi dan perusahaan seperti MicroStrategy dan Tesla yang memiliki jumlah crypto yang besar.

Meskipun aturan ini diharapkan berlaku pada tahun 2025, perusahaan memiliki opsi untuk mengadopsi aturan ini lebih awal jika mereka ingin melakukannya.

Baca Juga: PM India Narendra Modi Dorong Kerangka Regulasi Crypto Global, Apa Dampaknya?

Tanggapan dan Harapan Masa Depan

Cody Carbone, Wakil Presiden Kebijakan di asosiasi perdagangan blockchain Chamber of Digital Commerce, menyambut baik keputusan ini sebagai berita besar. Dia menekankan bahwa pendekatan baru ini mengakui harga pasar crypto.

Langkah ini dilihat sebagai langkah penting menuju penyediaan informasi keuangan yang lebih transparan bagi investor mengenai kepemilikan kripto dan dampaknya terhadap pendapatan perusahaan.

Dengan adopsi aturan baru ini, diharapkan akan ada lebih banyak transparansi dan kejelasan dalam cara perusahaan melaporkan aset crypto mereka, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kepercayaan investor.

Dengan persetujuan aturan baru oleh FASB, industri crypto di Amerika Serikat telah mencapai tonggak penting dalam evolusi dan adopsinya. Ini menunjukkan pengakuan yang meningkat terhadap crypto sebagai aset yang sah dan memberikan panduan yang lebih jelas bagi perusahaan dalam melaporkannya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: